kehamilan

Tips agar Rambut Anak Lebat Sejak Masih dalam Kandungan

Asri Ediyati Selasa, 19 Nov 2019 18:20 WIB
Tips agar Rambut Anak Lebat Sejak Masih dalam Kandungan
Jakarta - Kini rambut tebal bisa dibilang keinginan hampir semua orang tua. Kalau ada bayi yang berambut tebal pasti langsung dipuji. Terkait soal ini, rambut adalah masalah umum bagi orang tua baru, kata dokter anak Toronto, Beverly Kupfert. Padahal tak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Hanya karena bayi masih botak pada usia 18 bulan atau lebih tidak berarti dia tidak akan memiliki rambut yang indah sesudahnya. Ada variasi yang sangat luas dari apa yang normal," ujarnya dikutip dari Today's Parent.

Kapan bayi tumbuh rambut? Sekitar periode 14 atau 15 minggu dalam kehamilan, rambut mungil bayi mulai sedikit muncul dari kulit mereka. Ketika bayi mencapai periode ini, bayi akan segera tumbuh rambutnya.

Pertumbuhan rambut bayi di rahim terjadi dalam dua langkah, tahap rontok dan tahap pertumbuhan kembali. Semua folikel rambut terbentuk sebelum kelahiran bayi. Sekitar usia kehamilan di minggu ke 22, bulu mata dan alis bayi akan mulai muncul.


Meskipun salah satu faktor penentu adalah genetik atau keturunan, tapi jika Bunda berkonsentrasi lebih pada makanan yang kaya vitamin dan mineral tentu akan mendorong pertumbuhan rambut bayi yang sehat dan juga meningkatkan pertumbuhan secara keseluruhan. Demikian dikutip dari Moms ABC.

Hormon estrogen juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut pada janin. Nah, beberapa makanan yang membuat rambut janin tumbuh adalah:

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

2. Ikan

Ikan memberikan omega 3 dan 6 asam lemak ke tubuh yang meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Buah berwarna kuning dan oranye

Buah dengan warna tersebut, kaya akan Vitamin A. Vitamin itu juga dikenal bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Kacang

Makanan ringan renyah ini kaya akan serat, mineral dan protein yang baik untuk pertumbuhan rambut.

5. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki banyak manfaat kesehatan untuk Bunda dan bayi. Nutrisi seperti Beta-karoten dan nutrisi vital seperti vitamin A diperoleh dari ubi jalar.

6. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Nutrisi seperti zat besi, vitamin A, dan C ada di bayam. Vitamin ini adalah promotor rambut.

Sementara itu, zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Sebagai ibu hamil, menambahkan bayam ke dalam daftar makanan akan sangat membantu memastikan bayi memenuhi kebutuhan selama kehamilan.

7. Udang

Udang adalah sumber protein yang sangat baik. Udang mengandung vitamin B dan D bersama zat besi dan seng. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut bayi dan kesehatan.

Simak juga tips lainnya untuk ibu hamil dari dokter berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi