kehamilan

4 Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang dan Simak Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Jumat, 29 Nov 2019 07:00 WIB
4 Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang dan Simak Cara Mengatasinya
Jakarta - Bagi pasangan yang sedang menantikan kehadiran anak, keguguran adalah hal yang sangat menyakitkan. Terlebih lagi, kalau terjadi keguguran berulang.

Penyebab keguguran berulang

Keguguran berulang adalah sebuah kondisi ketika wanita mengalami dua kali atau lebih keguguran sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Mengutip Reproductive Facts, beberapa hal dapat menyebabkan terjadinya keguguran berulang.


1. Genetik

Banyak keguguran dini yang terjadi pada usia 3 bulan awal kehamilan, yang berhubungan dengan genetik tidak normal pada embrio. Beberapa wanita mengalami keguguran karena janin memiliki kelebihan kromosom atau salah satu kromosomnya hilang.

2. Anatomi

Masalah pada bentuk rahim wanita dapat menyebabkan keguguran. Penyebab bentuk rahim tidak normal bisa karena genetik atau obat-obatan.

Penyebab anatomi lainnya yaitu memiliki pita jaringan di dalam rahim yang disebut septum. Ini bisa membuat bagian dalam rahim terlalu kecil. Wanita yang lahir dengan septum mungkin lebih sering mengalami keguguran.

3. Gaya hidup

Merokok dapat meningkatkan risiko keguguran berulang. Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti kokain juga dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, berat badan berlebih serta kelebihan konsumsi kafein dan alkohol menyebabkan terjadinya keguguran berulang.

4 Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang dan Simak Cara MengatasinyaIlustrasi keguguran/ Foto: thinkstock
4. Medis

Kondisi medis yang tidak diobati, seperti tiroid dan diabetes dapat meningkatkan risiko keguguran. Kelainan sistem kekebalan atau sistem pembekuan darah juga memicu terjadinya keguguran berulang.

Dalam setengah dari jumlah kasus keguguran berulang, dokter tidak dapat menemukan penyebabnya, Bun. Tapi, banyaknya ini disebabkan kelainan genetik.

"Walaupun diagnosis keguguran berulang bisa sangat menghancurkan, akan sangat membantu bagi dokter dan pasien untuk mengingat ada kemungkinan yang relatif tinggi bahwa kehamilan selanjutnya bisa berhasil," tulis peneliti Holly B. Ford, MD dalam situs NCBI.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami keguguran berulang?

Setelah keguguran berulang, biasanya Bunda akan ditawari tes darah tertentu dan melakukan pemindaian untuk mengidentifikasi masalahnya. Mengutip Tommys, jika memungkinkan, Bunda akan dirujuk ke unit spesialis untuk mengatasi keguguran berulang.

Ketika mengalami keguguran, Bunda perlu melakukan tes darah untuk memeriksa komplikasi, seperti pembekuan darah dan kadar antibodi tertentu yang tinggi yang dapat mengganggu kehamilan. Investigasi rahim juga perlu dilakukan, untuk melihat apakah bentuk rahim normal.

Jika Bunda mengalami keguguran berulang, segera konsultasikan dengan dokter ya. Supaya Bunda tahu penyebab terjadinya keguguran berulang.

4 Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang dan Simak Cara Mengatasinya

Apa benarĀ antibiotikĀ bisa sebabkan keguguran? Simak penjelasannya di video ini ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi