kehamilan

5 Cara Mencegah Terjadinya Keguguran Berulang

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 04 Jan 2020 19:47 WIB
5 Cara Mencegah Terjadinya Keguguran Berulang
Jakarta - Keguguran berulang atau recurrent miscarriage memang jarang terjadi. Hanya sekitar 1 persen wanita mengalami kondisi ini. Meski begitu, keguguran berulang bisa jadi momok buat para wanita hamil.

Keguguran berulang disebabkan banyak faktor termasuk genetik dan kelainan kromosom. Meski begitu, bukan berarti enggak ada upaya yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya keguguran berulang.




Dalam situsnya, ACOG (American Congress of Obstetricians and Gynecologists) bilang 65 persen wanita yang mengalami keguguran berulang bisa hamil dengan normal. Jika terbukti mengalami translokasi kromosom, pengujian genetik bisa membantu memperjelas pilihan metode fertilisasi.

"Pembedahan koreltif juga mungkin dapat meningkatkan peluang kehamilan yang sukses, misalnya septum dalam rahim bisa diangkat," ujar ACOG.

Nah, dilansir NYU Langine Health, ada beberapa cara mencegah terjadinya keguguran berulang yakni:

ilustrasi keguguran dan kuretilustrasi keguguran dan kuret/ Foto: iStock
1. Stop merokok

Merokok bisa menurunkan kualitas kesuburan wanita. Wanita yang merokok juga berisiko 20 persen lebih tinggi mengalami keguguran.

2. Batasi kafein

Kafein yang dikonsumsi bisa menurunkan aliran darah ke plasenta, yang jadi saluran oksigen dan nutrisi buat bayi. Makanya, ibu hamil perlu membatasi konsumsi kafein maksimal 200mg per hari.

3. Skrining Penyakit Menular Seksual

Penyakit Menular Seksual (PMS) meningkatkan risiko keguguran. Jika Bunda mengalami gejala seperti gatal di vagina, keputihan tak berhenti, nyeri saat buang air kecil, segera cek untuk kemungkinan terinfeksi PMS.

4. Konsumsi asam folat

Konsumsi asam folat secara teratur dan sesuai dengan anjuran dokter. Konsumsi asam folat bisa membantu mencegah keguguran dan cacat janin.

5. Lakukan tes diabetes



Diabetes perlu diskrining saat ibu hamil. Sebab, diabetes tipe 2 di mana insulin dalam tubuh tak normal bisa meningkatkan risiko keguguran berulang. Jangan lupa, jaga pola hidup sehat, rajin olahraga, dan perhatikan pola makan.

Cek peralatan rumah tangga yang bahaya buat ibu rumah tangga di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi