kehamilan

Putri Diana Pernah Alami Postpartum Depression Sampai Lukai Diri

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 10 Dec 2019 09:46 WIB
Putri Diana Pernah Alami Postpartum Depression Sampai Lukai Diri caption
Jakarta - Ibu yang baru melahirkan, terlebih untuk pertama kalinya bisa mengalami depresi postpartum atau postpartum depression. Bahkan, putri kerajaan Inggris, Diana, mengalami hal ini, Bun.

Postpartum depression dialami Diana setelah melahirkan putra sulungnya, William, yang lahir pada 21 Juni 1982. Dalam wawancara dengan BBC di 1995, Putri Diana berbagi kisah postpartum depression yang dia alami.


"Saya bahkan sampai melukai diri saya sendiri karena merasakan tekanan," ujarnya kala itu, dilansir Baby Gaga.


Kala itu, kondisi Diana amat payah, Bun. Dia sering menangis tanpa tahu sebabnya. Diana juga menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar tidur yang gelap ketika pengasuh menjaga William.

Putri DianaPutri Diana/ Foto: Instagram @princess.diana.forever
Sayangnya, keluarga kerajaan tak menunjukkan simpatinya pada Diana. Apalagi, orang-orang berpikir sebagai putri kerajaan Inggris, Diana pasti bisa mendapat semua yang dia butuhkan. Untungnya, Diana mendapat pertolongan dari psikolog hingga kondisi psikisnya cepat pulih.

Dikutip dari Medical News Today, depresi postpartum bisa dipengaruhi banyak faktor. Namun, penyebab pastinya masih belum diketahui. Tapi, biasanya disebabkan peristiwa emosional, stres, perubahan biologis yang memicu ketidakseimbangan bahan kimia otak, atau keduanya.

Selain itu, beberapa faktor penyebab depresi postpartum di antaranya perubahan fisik setelah kehamilan, serta kekhawatiran berlebihan tentang bayi dan tanggung jawab menjadi orang tua.

Bisa juga karena persalinan yang rumit dan sulit, kurangnya dukungan keluarga, kekhawatiran tentang hubungan, kesulitan finansial, atau kesepian karena merasa tidak memiliki teman dekat dan keluarga di sekitar.

"Penyebab lain bisa karena memiliki sejarah terkait masalah kesehatan mental. Konsekuensi kesehatan yang dihadapi akibat persalinan, termasuk inkontinensia urine, anemia, perubahan tekanan darah, dan perubahan metabolisme," demikian dijelaskan dalam ulasan tersebut.

Simak drama memberi ASI Eriska Rein di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

Putri Diana Pernah Alami Postpartum Depression Sampai Lukai DiriFoto: InsertLive
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi