sign up SIGN UP search


kehamilan

Sebelum Lahiran, Paula Verhoeven Diingatkan soal Bonding dan IMD

Asri Ediyati Sabtu, 28 Dec 2019 11:09 WIB
Baim Wong dan Paula Verhoeven menyambut anak pertama mereka. Namun sebelumnya, mereka diingatkan dokter tentang pentingnya bonding dan IMD pada bayi baru lahir. caption
Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven berbagi kabar bahagia untuk netizen dan penggemarnya. Mereka dikaruniai anak pertama. Meski masih dirahasiakan namanya, dalam video anak Baim dan Paula lahir dalam keadaan sehat.

Sebelum melahirkan, Paula dan Baim diingatkan tentang pentingnya bonding dan IMD pada bayi baru lahir. Dokter yang mendampingi Paula dan Baim kala itu adalah dr.I Gusti Ayu Nyoman Partiwi Sp.A, MARS yang akrab disapa Tiwi ini.


"Jadi kalau nanti bayinya lahir pagi-pagu, Baim kan masuk, bayinya kalau nangis bagus, merah bagus ya. Nanti kan Baim lihat semua. Bayinya itu akan ditaruh di ibunya," kata Tiwi kepada Baim di vlog Baim Paula.


"Ibunya skin to skin contact atau inisiasi menyusui dini (IMD). Bayinya kan dihangatkan di sini, Baim ikut sama bayinya. Nanti di atas, dilanjutkan di dada Baim. Nanti ada namanya saturasi, kita lihat kalau oksigennya bagus, angkanya bagus, stabil nah itu bisa di dada ayah, biasanya bisa lebih lama," sambungnya.

Tiwi memberi tahu Baim untuk memperhatikan juga bayinya. "Kalau enggak nyaman, dia nangis, harusnya ditaruh di dada ibunya tenang, harusnya. Karena suhu di dalam kandungan 30 (derajat Celsius) kalau di luar ini 16 itu yang bikin enggak nyaman," kata Tiwi.

Tiwi juga memberi informasi pada Paula seputar IMD. Tiwi bilang, kadang kalau bayi udah ditempelkan ke dada ibunya, maunya di situ terus dan itu baik, Bunda. Itulah yang membuat bayi baru lahir merasa secure, aman dengan lingkungan barunya.

"Dasar pribadi manusia itu dari bonding, dia bisa waspada lingkunga. Jadi bau tangan itu enggak benar. Memang bayi itu harus bau tangan. Di awal-awal kayak gitu, tapi dia udah umur 2 bulan itu banyak yang dikerjakan bayi, angkat kepala," tutur Tiwi.

Sementara itu, beberapa selebritas mengucapkan selamat pada keduanya atas kelahiran anak pertama. Pertama Jeremy Thomas, ia mengucapkan Baim selamat datang di klub ayah.

"Welcome to Daddy's Club.. Legit Dad," tulisnya.

Kemudian Chacha Frederica juga memberi ucapan selamat pada keduanya. Chacha begitu gembira sampai janin yang ada di kandungannya menendang-nendang.


"MasyaAllah TabarakaAllah. Welcome to the world @bapau_junior. Bismillah jadi anak saleh, penyejuk hati mama papa dan keluarga.. sehat lahir batin, selalu dalam lindungan dan petunjuk Allah SWT. Bahagia, selamat, mulia dunia akhirat hidupnya ya baby sayang. Aaamiin Ya Rabb. Aamiin kan yaa teman-teman," tulis Chacha.

Selamat ya Pak @baimwong Bu @paula_verhoeven. Nb : Pas posting foto ini, babyku nendang-nendang ... MasyaAllah ... sayang. Sabar ya, nak," sambung Chacha.

Simak juga tips perawatan ibu melahirkan melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi