sign up SIGN UP search


menyusui

Diminta Menyusui di Kamar Mandi, Seorang Ibu Menangis di Toko Ritel

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 27 Dec 2019 09:21 WIB
Seorang wanita menangis setelah merasa dipermalukan di toko ritel. Dia diminta untuk pindah ke kamar mandi toko tersebut setelah menyusui bayinya di depan toko. caption
Jakarta - Seorang ibu baru mencurahkan isi hatinya, setelah merasa dipermalukan seorang karyawan toko Costco di Ottawa. Hal ini bermula saat Andrea Rodriguez disarankan untuk menyusui bayinya di kamar mandi toko, Bunda.

Rodriguez mengatakan, sang suami mengantarkan dia dan putranya yang berusia 3 bulan ke Costo di Nepean. Sambil menunggu suaminya memarkir kendaraan, Rodriguez mulai menyusui putranya di pintu masuk toko.


"Salah satu karyawan yang ada pintu masuk memberi kupon. Menyambutku, dia datang dan mengatakan padaku 'Jika Anda membutuhkan privasi, Anda bisa pergi ke kamar kecil'," ungkap Rodriguez, dikutip dari CTV News Ottawa.


Rodriguez pada awalnya berpikir jika itu hanya percakapan biasa dan saran umum, karena karyawan itu adalah wanita yang lebih tua. Namun ternyata, dia pergi berbicara dengan salah satu manajer.

Diminta Menyusui di Kamar Mandi, Seorang Ibu Menangis di Toko RitelIlustrasi menyusui di depan umum/Foto: iStock

"Dia seperti 'Tidak ada yang memaksamu. Apakah Anda melihat kalau saya sedang memaksa Anda'. Itu bukan tentang memaksa seseorang. ini tentang menghormati hak asasi manusia. Anda tidak bisa memberi tahu ibu menyusui untuk pergi ke ruangan lain," lanjutnya.

Setelah perdebatan mengenai menyusui tersebut, Rodriguez mengatakan kalau dia meninggalkan toko sambil menangis. Ketika dikonfirmasi, seorang manajer di Costco mengatakan bahwa mereka telah membahas ini dengan stafnya. Mereka mengatakan kalau tak ada komentar lebih lanjut.

Namun, Rodriguez mengatakan kalau Selasa lalu, manajer lain di toko itu telah menghubunginya untuk meminta maaf. Mereka mengatakan jika insiden itu dimanfaatkan untuk melatih karyawan.

Untuk menghargai permintaan maafnya, Rodriguez mengatakan akan berbicara terbuka mengenai pengalaman menyusui. Tak sekali ini saja dia mengalami hal serupa, sebelumnya Rodriguez pernah mengalami hal yang sama di sebuah toko ritel.

Rodriguez khawatir jika pengalamannya seperti ini akan dirasakan oleh ibu baru lainnya.

"Saya tahu ada banyak ibu baru yang mungkin mengatakan hal sama dan mungkin mereka berhenti menyusui. Mungkin itu sebabnya mereka terlalu malu untuk pergi keluar. Ini benar. Ini adalah hak asasi manusia," terang Rodriguez lebih lanjut.

Di beberapa negara, menyusui di tempat umum masih dianggap sebagai hal memalukan, Bunda. Itu sebabnya, angka menyusui eksklusif masih kecil akibat hal itu.

Melansir What to Expect, menyusui di depan umum adalah legal dan dilindungi oleh hukum federal. Untuk itu, sebenarnya Bunda bisa menyusui kapan saja ketika bayi merasa lapar.


Terlepas di mana Bunda tinggal, sebenarnya hak setiap orang untuk menyusui di tempat umum. Termasuk ketika sedang berada di restoran dan toko. Salah satu kunci agar Bunda tetap merasa nyaman ketika menyusui di tempat umum, kenakan pakaian yang breastfeeding friendly.

Pilih yang memiliki kancing depan, sehingga memudahkan untuk menyusui. Atau, yang didesain dengan lubang khusus d bagian samping, sehingga tidak membuat Bunda kerepotan untuk menyingkap pakaian.

Simak juga pelekatan menyusui yang benar seperti penjelasan di bawah ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi