sign up SIGN UP search


kehamilan

Ternyata Ini Alasan Paula Verhoeven Melahirkan Caesar

Annisa Karnesyia Minggu, 29 Dec 2019 11:16 WIB
Paula Verhoeven melahirkan anak pertamanya dengan operasi caesar. Keputusan ini diambil setelah melihat kondisi janin dalam kandungan. Lalu apa penyebabnya? caption
Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven resmi menjadi orang tua. Anak pertama pasangan ini dilahirkan melalui proses caesar, Bunda.

Paula mengatakan jika posisi bayinya yang melintang menjadi penyebabnya. Padahal, wanita 32 tahun ini ingin melahirkan secara normal.


"Memang sebenarnya kan inginnya normal, makanya kami selalu jalan-jalan. Hari terakhir saja kami masih jalan ya, izin ke luar, memang merangsang supaya baby-nya posisinya benar," kata Paula, dikutip dari detikcom.


Kondisi ini yang membuat dokter memutuskan untuk melakukan operasi caesar. Dikatakan Baim Wong, Paula mengaku ketakutan saat akan menjalani proses persalinan.

"Paula baru pertama kali operasi, sebelumnya enggak pernah. Dia takut. Pas saya ngobrolnya agak jaug, dia bilang, 'Deketan dong deketan'. Akhirnya deketan lagi. Lebih ke dianya sih," ujar Baim.

Putra pertama Baim dan Paula ini lahir pada 27 Desember 2019, pukul 06.50 WIB di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Bayi yang diberi nama Kiano Tiger Wong itu lahir dengan berat 3,5 kg dan panjang 50 cm.

Paula sebelum melahirkanPaula sebelum melahirkan/ Foto: (dok. YouTube Baim Wong)

Secara umum, banyak wanita yang punya impian untuk melahirkan normal seperti Paula. Hal ini juga dibenarkan dokter spesialis kandungan dan janin di Massachusetts General Hospital, Boston, Dr.Allison Bryant.

"Wanita merasa melahirkan secara normal adalah sesuatu yang alami," kata Bryant, dilansir Live Science.

Meski begitu, setiap wanita harus mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang pilihan melahirkan. Mereka berhak menentukan pilihan yang paling tepat.

Tapi pada akhirnya, semua itu kembali lagi pada kondisi si ibu dan janin dalam kandungan, Bunda. Dalam kasus Paula, posisi bayi yang menyebabkannya melahirkan caesar.


Bicara soal melahirkan caesar, mengutip WebMD, agar persalinan normal terjadi, bayi harus diposisikan lebih dulu mendekati jalan lahir. Tetapi terkadang keadaannya terbalik.

Bayi dapat memposisikan kaki atau bokong mereka ke jalan lahir atau dikenal kelahiran sungsang atau melintang. Operasi caesar mungkin merupakan cara paling aman untuk melahirkan dalam kasus ini.

Simak juga tipsdietpascamelahirkanalaEriska Rein, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi