Sign Up search


kehamilan

Arti Ibu Hamil Mimpi Melahirkan Lalu Masukkan Bayinya Lagi ke Rahim

Asri Ediyati Minggu, 12 Jan 2020 13:53 WIB
Arti Ibu Hamil Mimpi Melahirkan Lalu Masukkan Bayinya Lagi ke Rahim caption
Jakarta - Perubahan hormon yang begitu fluktuatif membuat ibu hamil sering bermimpi saat tidur. Mimpi-mimpinya pun beraneka ragam. Dari yang indah, buruk, hingga yang aneh. Salah satu mimpi buruk dan aneh yang dialami ibu hamil adalah melahirkan lalu memasukkan bayinya lagi ke dalam rahim.

Bunda pernah mengalami mimpi tersebut? Ternyata menurut Hillary Grill, coauthor dari Dreaming for Two, mimpi tersebut bisa diartikan bahwa setiap ibu khawatir tentang kesehatan bayinya. Mimpi ini kemungkinan besar merupakan cerminan dari keinginan untuk melihat secara langsung bahwa bayi berkembang secara normal.


"Setelah memeriksa untuk melihat apakah semuanya baik-baik saja, bayi kembali ke rahim untuk terus tumbuh," ujarnya, dilansir Parents.


Grill mengatakan bahwa dalam penelitian mereka, mimpi ini paling umum di antara wanita yang pernah mengalami keguguran, atau yang memiliki kehamilan berisiko tinggi. Makna lain yang mungkin yaitu ibu hamil ingin melihat seperti apa bayinya dan bertanya "Apakah aku akan mencintai bayi ini?"

Ya, mimpi seperti ini biasanya terjadi di trimester ketiga. Periode stres ibu hamil meningkat. Peningkatan stres di siang hari bisa menjawab alasan mengapa mimpi buruk lebih sering terjadi selama kehamilan. Demikian menurut para peneliti di jurnal BMC Pregnancy and Childbirth.


Studi lain, yang diterbitkan pada Juni 2014 dalam jurnal Sleep Medicine, melakukan survei 57 wanita hamil yang berada di trimester terakhir kehamilan mereka. Sebanyak 32 persen menggambarkan memiliki mimpi buruk mingguan, dan 21 persen melaporkan mengalami lebih dari satu mimpi buruk per minggu.

"Saya pikir itu didasarkan pada hal-hal yang mungkin dikhawatirkan orang-orang pada hari-hari. Banyak ketakutan siang hari yang kita jalani cenderung mengungkapkan diri mereka dalam mimpi di malam hari," ujar Julie Levitt, seorang OB-GYN dan instruktur klinis di Northwestern Medicine Chicago, dilansir Live Science.

Simak juga fakta soal ibu hamil makan nanas melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi