sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Arti Mimpi Aneh Saat Hamil, Digigit Ular hingga Tenggelam

Asri Ediyati Senin, 12 Oct 2020 20:04 WIB
Pregnant woman is sleeping on sofa. caption
Jakarta -

Mimpi saat hamil seringkali tampak nyata dan bisa diingat walaupun sudah bangun tidur. Ini dikenal dengan istilah vivid dream, yang menurut Patricia Garfield, Ph.D., ini berkaitan erat dengan kondisi saat hamil, trimester yang sedang ia jalani, dan perubahan kondisi tubuh.

"Perubahan tingkat hormon membawa 'pesta' mimpi pada ibu hamil. Selain itu, ibu hamil perlu lebih banyak tidur, dan semakin banyak Anda tidur, semakin banyak Anda bermimpi," kata Garfield, penulis dari Creative Dreaming dan salah satu pendiri Association for the Study of Dreams.

Garfield menyebutkan jika tidur orang normal diwarnai mimpi sebanyak 25 persen, ibu hamil lebih dari itu. Tak jarang, mimpi mereka pun aneh dan malah mengerikan.


Apa ya kira-kira arti mimpi hamil yang aneh ini? Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mimpi ibu hamil digigit ular

Mengutip Romper, mimpi ular bisa menunjukkan sebuah pertumbuhan dan kebijaksanaan. Di sisi lain, ular juga berhubungan dengan organ intim pria, yang menjadikan Bunda hamil.

Selain gagasan tentang organ intim pria, ada berbagai macam interpretasi tentang mimpi ular. Bunda bahkan mungkin mulai memimpikan ular sebelum menemukan tanda plus pada tes kehamilan. Beberapa budaya percaya bahwa bermimpi seekor ular menggigit menandakan Bunda hamil.

Interpretasi lainnya adalah bahwa mimpi digigit ular adalah pertanda baik dan melambangkan bahwa Bunda dan bayi akan hidup bahagia.

2. Mimpi morning sickness

Lauri Loewenberg, seorang analis dan penulis mimpi profesional mengatakan, kejadian morning sickness dalam mimpi kehamilan mungkin menunjukkan kegelisahan emosional tentang sesuatu dalam hidup yang sedang berkembang.

"Sesuatu dalam proses ini dari apa pun yang sedang Anda kerjakan, bahkan bisa jadi hubungan, sesuatu tentang hal itu terasa tidak benar bagi Anda. Jadi Anda perlu bertanya pada diri sendiri, oke, apakah ini hanya proses alami dari proyek ini, hubungan ini, tingkat ini, apa pun itu," kata Loewenberg, dikutip dari The Cut.

3. Mimpi hamil alien

Jika Bunda bermimpi hamil dengan bayi yang tidak manusiawi, entah itu alien atau binatang, Loewenberg mengatakan bahwa ada sesuatu yang asing bagi Bunda. Mungkin Bunda belum siap dengan status baru menjadi ibu.

"Itu menunjukkan bahwa perkembangan baru dalam hidup Anda adalah sesuatu yang tampaknya asing bagi Anda. Ini bukan sesuatu yang pernah Anda temui sebelumnya. Rasanya asing, tidak terasa asing bagi kami. Jadi, ini akan menjadi pesan dari alam bawah sadar Anda bahwa Anda perlu membiasakan diri dengan situasi baru ini," kata Loewenberg.

4. Mimpi tenggelam saat hamil

Menurut Hillary Grill, penulis Dreaming for Two, mimpi tenggelam adalah gambaran umum, yang bisa berarti Bunda merasa kewalahan saat hamil.

"Atau itu bisa menunjukkan rasa takut ibu akan pecahnya ketuban di tempat yang tidak seharusnya. Mimpi lautan dan ombaknya yang besar dapat melambangkan kelahiran yang akan segera terjadi," kata Hillary dikutip dari Parents.

5. Mimpi memasukkan bayi ke dalam perut lagi

Grill mengatakan, mimpi tersebut bisa diartikan bahwa setiap ibu khawatir tentang kesehatan bayinya. Mimpi ini kemungkinan besar merupakan cerminan dari keinginan untuk melihat secara langsung bahwa bayi berkembang secara normal.

"Setelah memeriksa untuk melihat apakah semuanya baik-baik saja, bayi kembali ke rahim untuk terus tumbuh," ujarnya.

Mimpi aneh saat hamil bisa menjadi cerminan pikiran atau ketakutan Bunda. Jadi, usahakan agar lebih relaks ya, Bunda, agar tidak menyebabkan mimpi buruk.

Simak juga ciri-ciri hamil yang jarang disadari:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi