Sign Up search


kehamilan

6 Makanan yang Harus Dihindari Selama Bunda Hamil

Maya Sofia Senin, 20 Jan 2020 11:09 WIB
6 Makanan yang Harus Dihindari Selama Bunda Hamil caption
Jakarta - Dalam minggu-minggu pertama kehamilan biasa selera makan Bunda akan mengalami penurunan. Hal ini wajar saja, apalagi jika Bunda mengalami mual atau mabuk.

Sekitar 80 persen ibu hamil memang merasakan mual, dengan setengah dari jumlah tersebut mengalami muntah. Dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, dr.Fredrico Patria, Sp.OG menjelaskan, tingkat keparahan mual dan muntah yang diderita ibu hamil cukup bervariasi. Ibu hamil bisa saja merasakan mual ringan saat bangun tidur, atau gara-gara mencium aroma tertentu.


"Mual dan muntah tidak akan mengancam keadaan janin dalam kandungan. Dengan catatan, ibu hamil tetap makan dan minum banyak cairan," ucapnya.


Aturan terbaik yang harus diingat adalah makanlah ketika Bunda lapar. Jangan khawatir dengan perubahan selera makan selama Bunda mengikuti nasihat yang diberikan tentang jenis makanan yang perlu Bunda makan serta bayi berkembang baik.

Ilustrasi hamilIlustrasi hamil. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Terkait makanan yang dikonsumsi selama kehamilan, ada beberapa di antaranya yang sebaiknya Bunda hindari nih. Berikut daftar makanan yang harus dihindari atau dilarang untuk ibu hamil dikutip dari buku Pregnancy Questions & Answers.

1. Makanan laut mentah, seperti kerang atau sushi yang tidak dimasak

2. Hiu, ikan cucut, dan ikan marlin

3. Keju dengan kulit berwarna putih dan 'bulukan', seperti Briem, Camembert, dan keju biru

4. Pate, daging, daging ayam atau telur mentah atau setengah matang. Disarankan Bunda memasak semua daging sampai tak ada lagi bagian berwarna merah muda dan telur sampai menjadi keras

5. Hati dan produk hati, seperti pate atau sosis hati

6. Hindari kacang dan makanan yang mengandung kacang jika Bunda atau suami dan salah seorang anak Bunda memiliki riwayat alergi



Simak juga alasan kenapa ibu hamil tak boleh makan ikan mentah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi