Sign Up search


kehamilan

4 Cara Mengatasi Payudara Ibu Hamil yang Terasa Sakit Tak Tertahankan

Siti Hafadzoh Senin, 03 Feb 2020 18:36 WIB
4 Cara Mengatasi Payudara Ibu Hamil yang Terasa Sakit Tak Tertahankan caption
Jakarta - Beberapa perubahan terjadi ketika sedang hamil, termasuk merasakan sakit di beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang biasanya mendadak terasa sakit adalah payudara. Kenapa ya payudara terasa sakit ketika hamil?

Rasa sakit pada payudara yang dialami ibu hamil pun beragam. Ada yang merasakan sakit di kedua payudara, ada juga yang merasa sakit hanya di salah satu payudara.


Di awal kehamilan, payudara mungkin akan terasa berat dan bengkak. Dalam fase ini, payudara sangat sensitif terhadap sentuhan.


Sakit pada payudara biasanya akan sangat terasa pada trimester pertama. Dilansir Healthline, ini karena hormon-hormon pada tubuh ibu hamil meningkat.

Hormon tersebut bekerja dengan cepat mempersiapkan payudara untuk menyusui. Aliran darah juga meningkat dan payudara akan membesar. Pertumbuhan dan pembelahan sel di payudara ini lah yang membuatnya terasa sakit.

"Kebanyakan wanita mengalami pembengkakan jaringan pada trimester pertama, yang menyebabkan payudara menjadi sakit dan perih," kata profesor kebidanan dan kandungan, James E. Ferguson II, M.D., dikutip dari Parents.

4 Cara Mengatasi Payudara Ibu Hamil yang Terasa Sakit Tak TertahankanIlustrasi hamil/ Foto: iStock

Pada trimester dua sampai tiga kehamilan, payudara akan mengeluarkan cairan berwarna kekuningan yang disebut sebagai kolostrum. Kolostrum ini yang nantinya akan diminum oleh si kecil yang baru lahir untuk membentuk daya tahan tubuhnya.

"Pembuluh menjadi membesar dan mulai memproduksi serta menyimpan kolostrum, bentuk awal ASI," kata Patrick Duff, M.D., seorang ahli kandungan dari University of Florida.

Namun, terbentuknya kolostrum ini juga menyebabkan rasa sakit pada payudara, Bun. Hal ini dapat menyebabkan sakit karena sel-sel tersebut harus meregang.

Jadi, payudara terasa sakit ketika hamil adalah hal yang normal, Bun. Bunda yang sedang hamil tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk meringankan rasa sakit pada payudara ketika hamil. Berikut cara-caranya:

1. Gunakan bra yang tepat

Jangan gunakan bra yang sempit dan sesak. Bunda mungkin akan lebih nyaman menggunakan bra yang agak longgar atau sport bra.

2. Pilih pakaian yang longgar

Ketika payudara membesar selama hamil, hindari baju-baju yang terlalu ketat. Baju ketat akan memperparah rasa sakit dan payudara yang sensitif.

3. Kompres dengan air dingin

Letakkan handuk di atas payudara. Letakkan batu es di handuk tersebut.


4. Mandi air hangat

Tidak semua orang mempan dengan kompres air dingin. Jadi, kalau air dingin tidak bisa meredakan sakit, cobalah untuk mandi air hangat. Air hangat dapat meredakan otot-otot yang tegang.

Ikuti style baju kerja untuk ibu hamil berikut ini yuk, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi