Sign Up search


kehamilan

Penyebab Nyeri Payudara Payudara Saat Hamil Bisa Hilang dan Kambuh Lagi

Siti Hafadzoh Sabtu, 01 Feb 2020 16:41 WIB
Penyebab Nyeri Payudara Payudara Saat Hamil Bisa Hilang dan Kambuh Lagi caption
Jakarta - Nyeri payudara umum dialami oleh ibu hamil. Bahkan, nyeri payudara menjadi salah satu tanda kehamilan karena ini mulai terasa sejak minggu-minggu awal setelah pembuahan.

Nyeri pada payudara pada setiap wanita berbeda-beda. Ini bisa terjadi pada kedua payudara atau hanya salah satu. Bunda mungkin merasakan nyeri payudara di seluruh payudara atau di titik tertentu.


Selama minggu-minggu pertama kehamilan, nyeri payudara cenderung ringan. Dikutip dari Healthline, pada beberapa wanita, puting terasa sensitif pada minggu awal kehamilan. Puting sensitif biasanya menghilang dalam beberapa minggu.


Namun, ada beberapa wanita hamil yang mengalami nyeri payudara hingga akhir kehamilannya, Bun. Menurut dokter kandungan Dr Jamil Abdur Rahman, setiap wanita memiliki nyeri payudara yang berbeda-beda ketika hamil.

Penyebab Nyeri Payudara Payudara Saat Hamil Bisa Hilang dan Kambuh LagiIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Pada sebagian besar wanita, nyeri paling terasa selama trimester pertama ketiga estrogen dan progesteron meningkat," kata Rahman dikutip dari Romper.

Ketika memasuki trimester kedua, kadar estrogen dan progesteron cenderung menurun. Sehingga, nyeri payudara akan membaik.


"Tapi, di trimester ketiga, ketika estrogen dan progesteron meningkat lagi, nyeri payudara kembali muncul," ujar Rahman.

Jadi, rasa nyeri pada payudara ketika hamil bisa muncul dan hilang, Bun. Tidak semua wanita mengalami waktu nyeri payudara yang sama.

Bunda juga bisa simak penjelasan kenapa kaki dan tangan bengkak ketika hamil di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi