Sign Up search


kehamilan

Penyebab Payudara Ibu Hamil Mengeluarkan ASI Sebelum Melahirkan

Siti Hafadzoh Rabu, 05 Feb 2020 09:01 WIB
Penyebab Payudara Ibu Hamil Mengeluarkan ASI Sebelum Melahirkan caption
Jakarta - Berbagai perubahan terjadi pada payudara wanita ketika hamil. Salah satunya, keluar cairan ASI yang disebut sebagai kolostrum sebelum melahirkan.

Cairan yang merembes dari puting payudara, cenderung normal terjadi pada sebagian ibu hamil. Ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.


"Selama kehamilan, tubuh Anda melepaskan prolaktin, hormon kunci yang mendukung produksi ASI," kata Patrick Duff, M.D., dokter kandungan di University of Florida dikutip dari Parents.


Pada saat yang sama, estrogen diproduksi oleh plasenta untuk mencegah sekresi ASI dan menyimpannya sampai bayi lahir. Tapi, terkadang, keseimbangan antara prolaktin dan estrogen tidak sempurna, Bun. Ini yang menyebabkan ASI keluar tiba-tiba.

Penyebab Payudara Ibu Hamil Mengeluarkan ASI Sebelum MelahirkanIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Estrogen dalam sistem Anda menjaga produksi ASI Anda tetap terkendali," kata Sharon Phelan, M.D., profesor kebidanan dan kandungan di University of New Mexixo Health Science Center School of Medicine.


ASI akan keluar ketika payudara mendapat rangsangan tertentu. Misalnya, ketika melakukan seks atau ketika payudara tergesek pakaian.

Dilansir Medela, biasanya ASI keluar dari puting sejak usia kehamilan 14 minggu. Tapi, ada juga yang mengalaminya ketika mendekati persalinan. Bunda bisa menggunakan nursing pad di dalam bra untuk menghambat ASI merembes ke pakaian.

Bunda juga bisa simak cerita Nuri 'Shaden' yang mengikuti program hamil padahal sudah memiliki dua anak berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi