Sign Up search


kehamilan

Bentuk Payudara Membesar Selama Kehamilan, Ini Waktu Tepat Ganti Bra

Siti Hafadzoh Selasa, 28 Jan 2020 15:22 WIB
Bentuk Payudara Membesar Selama Kehamilan, Ini Waktu Tepat Ganti Bra caption
Jakarta - Perubahan pada payudara merupakan tanda awal kehamilan. Payudara akan terasa sakit ketika hamil dan ukurannya pun akan membesar sejak satu bulan pertama.

Menurut National Institute of Child Health and Human Development, payudara akan sakit dan lebih berat ketika 1-2 minggu setelah pembuahan. Puting juga mungkin sensitif bahkan sakit ketika disentuh.


Dilansir Medical News Today, perubahan ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon di dalam tubuh. Aliran darah ke jaringan payudara juga meningkat.


Rasa sakit ini biasanya akan hilang setelah beberapa minggu setelah trimester pertama. Tapi, dalam beberapa kasus, wanita hamil tetap merasa sakit hingga trimester akhir.

Di awal kehamilan, ukuran payudara akan bertambah sekitar satu atau dua cup. Ini adalah hal yang wajar terjadi, terutama pada kehamilan pertama.

"Pertumbuhan payudara ketika hamil mungkin cepat selama beberapa minggu awal atau ukurannya dapat meningkat secara bertahap," kata Dr Jacqualine Kent, peneliti laktasi di University of Western Australia dikutip dari Medela.

Waktu Tepat Mengganti Bra Saat Bentuk Payudara Membesar Selama KehamilanIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Namun, perubahan ukuran payudara ketika hamil berbeda-beda. Mungkin ada yang di usia kehamilan satu bulan ukuran payudaranya belum tumbuh, bahkan setelah kehamilan.

"Tapi, jika Anda bertanya berapa besar payudara tumbuh selama kehamilan secara total, ketika memproduksi ASI, kemungkinan akan hampir satu setengah kali lebih besar daripada sebelum hamil," jelas Kent.

Setelah lewat satu bulan hamil, yaitu ketika menginjak bulan ketiga, biasanya bra akan lebih kencang. Ini saatnya Bunda menggunakan bra khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Pastikan Bunda menggunakan bra yang tepat dan nyaman.


Selain ukurannya membesar, payudara juga mungkin terasa gatal ketika satu bulan kehamilan. Ini disebabkan oleh kulit payudara yang merenggang.

Nah, untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat gatal ini, Bunda bisa gunakan lotion atau minyak. Lotion atau minyak dapat meringankan rasa gatal di kulit payudara. Beberapa wanita juga menggunakannya untuk mengurangi stretch marks, Bun.

Bunda, simak penjelasan bolehkah ibu hamil makan nanas di video berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi