Sign Up search


kehamilan

Tak Perlu Panik, Ini Penyebab Muncul Benjolan di Payudara Ketika Hamil

Siti Hafadzoh Jumat, 31 Jan 2020 17:11 WIB
Tak Perlu Panik, Ini Penyebab Muncul Benjolan di Payudara Ketika Hamil caption
Jakarta - Perubahan payudara terjadi sejak awal kehamilan, mulai dari nyeri hingga ukurannya membesar. Ada beberapa wanita hamil yang merasakan benjolan di payudara. Apa ya penyebabnya?

Benjolan payudara sangat umum dialami oleh ibu hamil. Biasanya, ini merupakan stimulasi dari hormon kehamilan agar payudara bersiap untuk melakukan peran pentingnya, memproduksi ASI.


"Jadi, sangat umum untuk merasakan benjolan di kedua sisi payudara secara cukup rata," kata Marissa Weiss, M.D., direktur onkologi radiasi payudara di Lankenau Hospital dikutip dari ABC News.


Beberapa wanita hamil mengalami benjolan payudara yang tidak berbahaya. Dilansir American Pregnancy Association, benjolan keras pada payudara mungkin disebabkan oleh tersumbatnya ASI yang tersumbat.

Payudara wanita hamil mengalami perubahan untuk mempersiapkan menyusui si kecil yang sebentar lagi akan lahir. Dikutip dari Medela, memasuki trimester dua, payudara ibu hamil mulai memproduksi kolostrum untuk bayi.

Tak perlu Panik, Ini Penyebab Muncul Benjolan di Payudara Ketika HamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Kolostrum adalah cairan ASI pertama yang sangat penting untuk bayi baru lahir. PutingĀ payudara sesekali akan mengeluarkan kolostrum sebelum melahirkan. Ini bahkan bisa terjadi sejak minggu ke 14 kehamilan atau lebih.

Untuk mengatasi benjolan akibat ASI yang tersumbat, Bunda bisa mengompresnya dengan air hangat. Mengompres dengan air hangat dan memijatnya perlahan mungkin akan menghilangkan penyumbatan dalam beberapa hari.

Namun, kalau Bunda merasakan benjolan spesifik, tidak seperti jaringan payudara di sekitarnya dan semakin membesar, segera hubungi dokter. Para ahli akan memastikan apakah benjolan payudara ini masih tergolong normal atau tidak.


Terkadang, kanker payudara didiagnosis pada seseorang yang sedang hamil. Makanya, pemeriksaan dini sangat dibutuhkan.

"Jadi, jika Anda menemukan sesuatu, temui dokter kandungan untuk memastikan tidak ada yang salah dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Weiss.

Simak cerita Nuri 'Shaden' yang mengikuti program hamil meski sudah punya dua anak berikut ini yuk, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi