Sign Up search


kehamilan

Jangan Remehkan Dampak Ibu Hamil Kena Influenza, Simak Pencegahannya

Yuni Ayu Amida Kamis, 06 Feb 2020 06:57 WIB
Jangan Remehkan Dampak Ibu Hamil Kena Influenza, Simak Pencegahannya caption
Jakarta - Setiap wanita hamil tentu menginginkan kehamilan yang sehat. Namun, daya tahan tubuh ibu hamil kadang melemah, sehingga rentan terkena virus. Salah satu virus yang kerap menyerang ibu hamil adalah influenza.

Dijelaskan Direktur Pelayanan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr.Sukamto, Sp.PD, K-AI, influenza berbeda dengan selesma atau flu batuk biasa. Influenza adalah penyakit yang disebabkan virus influenza, dengan gejala lebih berat dari pilek biasa.


"Kalau influenza itu biasanya demam tinggi, gejala awalnya nyeri otot, batuk pilek, demam suhunya di atas 37,8 derajat Celsius sampai tinggi," ujar Sukamto kepada HaiBunda, usai mengisi acara di Jakarta, baru-baru ini.


"Terus bisa menyebabkan komplikasi, beda sama selesma biasa. Kalau selesma biasa, batuk pilek udah," sambungnya.

Lebih lanjut, Sukamto mengatakan, ibu hamil yang terkena virus influenza bisa melahirkan bayi dengan berat badan rendah, bayi tidak cukup bulan atau prematur, bahkan keguguran. Serta bayi yang dilahirkan nantinya mudah terkena influenza.

"Kalau ibu hamil influenza, maka janinnya prematur, bisa berat badan bayi rendah, keguguran bisa. Orang sakit, hamil, apa saja bisa terjadi," ujarnya.

Jangan Remehkan Dampak Ibu Hamil Kena Influenza, Simak PencegahannyaJangan Remehkan Dampak Ibu Hamil Kena Influenza, Simak Pencegahannya/ Foto: iStock


Itu sebabnya, Sukamto menyarankan ibu hamil melakukan pencegahan agar terhindar dari influenza. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjalankan hidup sehat.

"Wanita hamil juga bagus olahraga. Nah, kalau hamil mual muntah, mesti dilihat nih mikronutriennya cukup enggak, mungkin perlu suplemen," katanya.

Selain itu, Sukamto juga menyarankan untuk melakukan vaksin influenza. Tak hanya bagi ibu hamil, namun juga seluruh anggota keluarga. Karena vaksin terbukti ampuh mencegah serangan virus influenza.

"Bapaknya, anaknya vaksin juga, supaya tidak tertular, asisten rumah tangganya juga, supaya ibu hamil tidak terkena flu. Kalau ibu hamil flu obatnya terbatas, dia harus istirahat," tukasnya.


Simak juga kisah Marissa Nasution dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi