sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil, Suara Bising Film di Bioskop Bisa Pengaruhi Perkembangan Janin

Siti Hafadzoh Selasa, 25 Feb 2020 07:00 WIB
Ibu hamil berencana untuk menonton film di bioskop? Simak dulu penjelasan tentang pengaruh suara bising di bioskop terhadap janin berikut ini, Bun. caption
Jakarta - Menonton film di bioskop mungkin menjadi salah satu pilihan hiburan untuk para Bunda dan keluarga. Tak jarang, ibu hamil melakukan me time dengan nonton film kesukaannya yang tayang di bioskop.

Namun, bioskop identik dengan ruangan yang gelap dan suara keras. Beberapa orang menganggap, suara keras dapat mempengaruhi bayi yang ada dalam kandungan. Apakah suara keras di bioskop aman untuk ibu hamil?


Dilansir Romper, sebenarnya wanita hamil tidak serta merta sensitif terhadap suara, Bun. Batas kebisingan pada wanita hamil sama dengan orang lain.


Justru yang perlu diperhatikan adalah kondisi bayi yang ada di perut Bunda. Kata dokter kandungan Michele Cherry, D.O, pendengaran bayi sudah sensitif sejak dalam kandungan lho.

"Jalur pendengaran bayi menjadi matang pada sekitar 24 minggu kehamilan," kata Cherry.

Ibu Hamil, Suara Bising Film di Bioskop Bisa Pengaruhi Perkembangan JaninIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Hal tersebut akan memengaruhi pendengaran janin yang sama sensitifnya seperti orang dewasa. Perbedaannya, orang dewasa bisa menghalangi pendengarannya dengan penyumbat telinga. Sedangkan, pada janin tidak ada metode apa pun yang bisa melindunginya dari suara keras.

Suara bising di bioskop tidak memengaruhi pendengaran bayi di dalam rahim. Tapi, Bunda tetap harus waspada tentang bagaimana film akan memengaruhi dirinya sendiri.

"Suara keras dapat meningkatkan kadar kecemasan dan stres, yang bisa memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu," kata Melissa R. Peskin-Stolze, M.D., seorang dokter kandungan.


Namun, bukan berarti Bunda tidak boleh menonton film di bioskop ya. Duduk dan mendengar suara di dalam bioskop selama dua sampai tiga jam, tidak akan mempengaruhi janin kok. Asalkan bukan film yang bergenre horor.

Melansir Women, bayi dapat mendengar dan menanggapi suara yang ada di sekitar mereka. Jadi, kalau ada jeritan dan suara keras seperti di film horor, bayi mungkin akan meronta-ronta dan menyebabkan ketidaknyamanan, Bun.

Bunda juga bisa tonton cerita Marissa Nasution tentang hamil anak kedua berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi