Sign Up search


kehamilan

Anjuran Kecukupan Gizi Ibu Hamil dalam Sehari yang Perlu Bunda Tahu

Maya Sofia Kamis, 05 Mar 2020 18:51 WIB
Anjuran Kecukupan Gizi Ibu Hamil dalam Sehari yang Perlu Bunda Tahu caption
Jakarta - Selamat, bagi Bunda yang baru hamil untuk pertama kali. Di kehamilan pertama ini tentunya ada banyak hal yang perlu diperhatikan ya, Bun, termasuk asupan makanan.

Seperti diketahui periode kehamilan merupakan bagian dari 1.000 hari pertama kehidupan pada anak. Momen 1.000 hari pertama kehidupan dihitung dari 9 bulan atau 270 hari dalam kandungan. Momen ini dianggap krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


Nah, jika Bunda fokus meningkatkan gizi untuk diri sendiri dan kebutuhan si kecil pada periode tersebut maka nantinya si kecil dapat hidup lebih sehat dan produktif.


Adapun pemenuhan kebutuhan gizi saat hamil ditentukan oleh apa dan berapa banyak makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dalam rilis yang diterima HaiBunda dari Mothercare, Kamis (5/3/2020), berikut adalah anjuran asupan makanan ibu hamil dalam sehari (Angka Kecukupan Gizi, 2019).

1. Enam porsi makan pokok, contoh yang termasuk dalam makanan pokok adalah: nasi, mie, roti, jagung, ubi
2. Tiga porsi lauk nabati, contoh yang termasuk dalam lauk nabati adalah: tempe, tahu, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah
3. Tiga porsi lauk hewani, contoh yang termasuk dalam lauk hewani adalah: daging, ayam, ikan, telur, cumi, hati ayam
4. Empat porsi sayur
5. Empat porsi buah
6. Sepuluh gelas air putih
Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil. (Foto: istock)

Sementara itu makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan pokok, kacang-kacangan, protein hewani, sayur dan buah berwarna, lemak tak jenuh, dan suplemen mikronutrien.

Bagi Bunda pencinta kopi ada baiknya membatasi minum minuman tersebut. Selain kopi, ibu hamil juga perlu membatasi konsumsi makanan olahan, makanan kalori tinggi, hingga makanan manis.

Kemudian hal paling penting adalah Ibu Hamil sebaiknya berhenti menyantap sushi atau sashimi serta steak medium. Sebab, makanan mentah dan setengah matang adalah makanan yang perlu dihindari.

Lalu bagaimana dengan makanan yang dibakar dan memiliki bagian yang gosong? Makanan ini juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena kemungkinan terdapat bakteri dan parasit di dalamnya.


Selain itu batasi juga konsumsi seafood karena kadar merkuri yang terkandung di dalamnya. Hindari seafood seperti ikan predator, mackerel, dan kerang hijau.

Simak juga alasan ibu hamil tak boleh mengonsumsi ikan mentah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi