sign up SIGN UP search


kehamilan

Momen Haru Acha Sinaga Lakukan IMD Setelah Melahirkan Anak Pertama

Annisa Karnesyia Rabu, 11 Mar 2020 06:30 WIB
Acha Sinaga baru saja melahirkan anak pertamanya, Bunda. Acha membagikan momen haru saat melakukan IMD bersama sang buah hati tercinta. caption
Jakarta - Kabar bahagia datang dari artis Acha Sinaga. Acha baru saja melahirkan putra pertama mereka, Bunda.

Berita ini pertama kali dibagikan oleh suami Acha, Andy Ambarita di akun Instagram miliknya. Diketahui jika sang putra diberi nama Lucas.


"I'm officially a Dad #BabyLucasAmbarita #AndyAchaLucas," tulis Andy, Selasa (10/3/2020).


Di unggahan Instagram Stories miliknya, Andy juga membagikan videonya bersama Acha. Ia mengucapkan terima kasih pada semua orang yang sudah mendoakan persalinan sang istri, sedangkan Acha mengabarkan kondisinya setelah melahirkan.

"Terima kasih atas doanya untuk kita, baby Lucas lahir hari ini dan kita sudah jadi keluarga," kata Andy.

"Puji Tuhan baby Lucas sehat, aku juga sehat," ungkap Acha.

Momen Haru Acha Sinaga Lakukan IMD Setelah Melahirkan Anak PertamaFoto: Instagram Acha Sinaga

Di video singkat itu, terlihat rona bahagia di wajah pasangan ini, Bunda. Wah, selamat ya, Acha dan Andy.

Di foto lain yang dibagikan Acha di akun Instagram miliknya, wanita 30 tahun ini terlihat tengah menangis haru memeluk sang putra. Di sampingnya, sang suami tampak memeluk Acha sambil memegang punggung baby Lucas.

"Masih enggak percaya sama apa yg terjadi hari ini:') Tuhan Yesus bener-bener baik dan ajaib #AndyAchaLucas," tulisnya.

Foto-foto yang dibagikan Acha menunjukkan tindakan yang disebut Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Bunda. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan pada ibu yang baru melahirkan.

Ya, IMD dilakukan dengan menaruh bayi di dada sang ibu. Menurut penjelasan Kementerian Kesehatan, tujuan IMD adalah meningkatkan ikatan kasih sayang ibu dan bayi, membuat bayi lebih tenang dan membentuk antibodi pada bayi. Sedangkan bagi si ibu, bisa mengurangi pendarahan pasca melahirkan.


Pada beberapa bayi, mungkin IMD sulit dilakukan. Misalnya saat mengenalkan puting ibu, bayi tidak merespons langsung untuk mengisap ASI.

"Pada beberapa kasus IMD, ada bayi yang tidak tertarik sehingga tidak berhasil mengisap ASI pertamanya. Tapi itu adalah respons yang normal. Yang penting ibu sabar, terus mencoba dan seringlah bertanya," kata Donna Murray, ahli kesehatan ibu dan anak, dikutip dari Very Well Family.

Bunda, simak juga daftar persiapan yang dilakukan sebelum melahirkan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi