sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil, Kurangi Mual Hingga Bantu Janin Berkembang

Siti Hafadzoh Kamis, 19 Mar 2020 07:01 WIB
Dengan kadar konsumsi yang tepat selama hamil, lemon memiliki berbagai manfaat lho, baik untuk ibu maupun bayinya. Simak 5 manfaat lemon berikut ini, Bun. caption
Jakarta - Ketika hamil, Bunda tentu mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang baik untuk perkembangan ibu dan janin. Ada berbagai buah dan sayur yang bermanfaat bagi ibu hamil lho, salah satunya lemon.

Rasanya yang asam dan segar mungkin akan menjadi kesukaan Bunda yang sedang hamil. Tapi, perhatikan dulu ya batasan konsumsinya.


Mengonsumsi lemon dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan erosi gigi. Karena hal tersebut, gigi jadi lebih mudah bermasalah, seperti penyakit periodontal dan gigi berlubang.


"Meski jus ini memberikan banyak nutrisi sehat, wanita hamil harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang untuk melindungi gigi mereka," tulis seorang ahli farmasi, Jessica Caporuscio, Pharm.D., dikutip dari Medical News Today.

Selain itu, sebaiknya konsumsi jus lemon yang alami ya, Bun. Ini karena jus lemon kemasan mengandung banyak gula yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil.

"Untuk mendukung kehamilan yang sehat, dokter merekomendasikan diet dan gaya hidup sehat," kata Caporuscio.

Jadi, pilihlah jus lemon segar yang Bunda buat sendiri di rumah karena itu lebih banyak manfaatnya. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 manfaat lemon untuk ibu hamil.

1. Mengatasi mual

Mengutip Firstcry Parenting, lemon dipercaya bisa membantu meredakan mual ketika hamil. Minum jus lemon dapat membantu menghilangkan lendir yang terkumpul di saluran pencernaan.

Jus lemon juga bisa menjadi penyegar mulut lho. Tapi, belum ada penelitian yang membuktikan seberapa efektif airĀ lemon untuk mengurangi mual selama kehamilan.

2. Mengatur tekanan darah

Lemon adalah sumber vitamin yang baik dan dapat membantu memperkuat pembuluh darah. Minum jus lemon dapat mencegah pendarahan internal dan menurunkanĀ tekanan darah tinggi. Selain itu, lemon juga dapat menjaga kadar kolesterol, Bun.

3. Membantu mencegah dehidrasi

Tetap terhidrasi selama hamil tentunya merupakan hal yang penting. Kalau tubuh terhidrasi, Bunda bisa terhindar dari komplikasi seperti sakit kepala, mual, kram, pusing, dan edema.

Dilansir Healthline, berdasarkan diet 2300 kalori, ibu hamil membutuhkan 3,3 liter air setiap hari. Ini setara dengan 14 gelas air.

Nah, terkadang, minum air putih saja membosankan ya. Jadi, Bunda bisa tambahkan potongan lemon ke dalam air putih supaya ada sensasi menyegarkan ketika minum.

5 Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil, Kurangi Mual Hingga Bantu Janin BerkembangIlustrasi lemon/ Foto: iStock

4. Meningkatkan kekebalan tubuh


Lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Lemon mampu melawan infeksi akibat bakteri, virus, dan jamur.

Selain itu, lemon juga memiliki sifat anti-diabetes dan anti-kanker. Buah yang rasanya asam ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh Bunda lho.


5. Membantu perkembangan janin

Setengah cangkir lemon atau 106 gram (tanpa kulit) dapat menghasilkan 56,2 miligram vitamin C. Vitamin ini tentunya penting bagi ibu dan janin.

Kekurangan vitamin C pada ibu hamil menyebabkan perkembangan otak janin terhambat. Khususnya pada perkembangan hippocampus yang berfungsi untuk daya ingat.

Nutrisi lain yang terkandung dalam lemon adalah folat. Menurut penelitian, folat dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin.

Bunda juga bisa simak tips mudah mengambil sari lemon di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi