sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-ciri Hamil dan Perkembangan Janin Satu Bulan

Yuni Ayu Amida Jumat, 13 Mar 2020 07:00 WIB
Berikut ini ciri-ciri hamil dan juga perkembangan janin satu bulan. Morning sickness hingga perubahan mood biasanya dialami selama trimester pertama. caption
Jakarta - Kehamilan adalah sebuah momen berharga, khususnya bagi pasangan yang sedang menanti kehadiran buah hati. Mengetahui tanda hamil sejak dini, membuat para wanita bisa melakukan persiapan agar kehamilannya sehat dan normal.

Perlu Bunda ketahui, ciri-ciri hamil setiap wanita berbeda, begitu juga pengalaman kehamilannya. Meski demikian, biasanya akan ada tanda-tanda umum yang bisa dirasakan saat hamil.


Seorang professor di State University of New York, Michael Weber, MD, mengatakan, salah satu ciri hamil adalah tidak adanya menstruasi. Ini disebabkan tubuh mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan dan memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur setiap bulan.


"Anda kemungkinan akan kehilangan menstruasi berikutnya, empat minggu setelah pembuahan. Jika Anda memiliki periode tidak teratur, coba lakukan tes kehamilan untuk mengonfirmasi," jelas Weber, dilansir Health Line.

Selain itu, kata Weber, suhu tubuh yang meningkat juga bisa menjadi tanda kehamilan. Bunda juga bisa merasakan kelelahan kapan saja akibat kadar progesteron yang melambung, yang bisa membuat mengantuk. Perubahan juga akan terjadi pada payudara.

"Perubahan payudara dapat terjadi antara minggu ke-4 dan 6. Payudara cenderung jadi lunak dan bengkak karena perubahan hormon. Ini kemungkinan akan hilang setelah beberapa minggu, ketika tubuh Anda telah menyesuaikan dengan hormon," ungkap Weber.

Ciri-ciri Hamil dan Perkembangan Janin Satu BulanCiri-ciri Hamil dan Perkembangan Janin Satu Bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/FatCamera


Ciri-ciri lain di antaranya, perubahan mood, frekuensi urine yang meningkat, konstipasi, mual muntah atau morning sickness, berat badan yang bertambah, bahkan indra penciuman yang jadi lebih sensitif.

Di samping itu, mengutip Web MD, memasuki usia satu bulan, bayi dalam kandungan memiliki panjang sekitar 6 sampai 7 milimeter atau 1/4 inci. Ini seukuran sebutir beras, Bunda.

Pada periode ini, jantung bayi juga sudah mulai berdenyut. Plasenta dan bakal otak bayi juga berkembang dan mulai berfungsi. Sistem jantung dan peredaran darah juga mulai terbentuk. Sedangkan paru-paru serta usus berada pada tahap awal perkembangan.


Simak juga intimate interview dengan Marissa Nasution dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi