sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Ibu Hamil Tetap Aman ke Pasar Saat Pandemi Corona

Yuni Ayu Amida Jumat, 01 May 2020 08:03 WIB
woman in a shop considering vegetables caption
Jakarta - Pandemi Corona benar-benar melumpuhkan banyak hal, Bunda, terutama aktivitas kita saat ini yang jadi terbatas. Bahkan, saat ingin belanja ke pasar pun kadang rasanya cemas. Lalu, bagaimana kalau ibu hamil belanja ke pasar saat pandemi Corona? Apakah aman?

Terkait hal tersebut, dikatakan dr.Rinto Riantori, Sp.OG, dari RS Dinda Tangerang, ibu hamil yang belanja ke pasar tradisional ataupun modern di saat pandemi Corona memang tidak aman. Namun, bukan berarti tidak boleh ke pasar sama sekali.


"Kalau dibilang aman sih tidak, karena virus Corona sangat kecil dan tidak terlihat mata, juga siapa yang terjangkit virus ini kita tidak ada yang tahu," jelas Rinto, saat dihubungi HaiBunda melalui sambungan telepon, Rabu (29/4/2020).


Lebih lanjut, Rinto mengatakan, kita bisa mempersempit ruang penularan dengan melakukan pengamanan diri. Caranya dengan memakai masker, kacamata, serta membawa hand sanitizer.

"Pakai masker yang sesuai standar medis, yang sudah dirancang untuk mencegah masuknya virus, atau bakteri atau cipratan cairan dari pasien, karena banyak sekali masker yang beredar tidak sesuai standar medis," tutur Rinto.

Tips Ibu Hamil Tetap Aman ke Pasar Saat Pandemi CoronaTips Ibu Hamil Tetap Aman ke Pasar Saat Pandemi Corona /Foto: Getty Images/SolStock


Selain itu, lakukan social distancing atau menjaga jarak dengan sesama pembeli atau penjual di pasar. Ibu hamil disarankan juga menghindari kerumunan orang.

"Dan setelah berbelanja dari pasar, segerakan untuk mandi. Kalau pulang dari pasar menggunakan mobil, enggak usah takut virusnya nempel di jok mobil, tinggal semprot disinfektan," ujarnya.

Rinto juga mengingatkan untuk menggunakan pakaian yang normal saja, Bunda. Tidak perlu berlebihan. Karena kalaupun virus menempel di baju atau badan, bisa dibersihkan dengan mandi pakai sabun.

Sementara itu, tentunya hal yang ditakutkan jika ibu hamil pergi ke pasar adalah terjadinya penularan dan gejala seperti demam, yang dikhawatirkan akan berdampak pada janin. Namun kata Rinto, penelitian lebih lanjut tentang pengaruh COVID-19 pada ibu hamil masih terus dilakukan.


Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi