sign up SIGN UP search


kehamilan

Awas! Stres Saat Hamil Sebabkan Gangguan Kepribadian Anak

Yuni Ayu Amida Sabtu, 02 May 2020 12:25 WIB
Worried pregnant woman sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta - Berbagai perasaan bisa muncul saat hamil, Bunda. Tak hanya perasaan bahagia, kehamilan juga bisa menyebabkan stres.

Studi menyebutkan, ibu hamil yang mengalami stres berisiko melahirkan bayi dengan gangguan kepribadian lho. Studi ini diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry.


Dalam penelitian tersebut, sebanyak 3.626 ibu hamil di Finlandia diajukan beberapa pertanyaan terkait kesehatan mental mereka selama hamil. Serta memantau perkembangan janin dari ibu tersebut.


Hasil penelitian tersebut menemukan, sebanyak 40 anak yang lahir didiagnosis mengalami gangguan kepribadian. Peneliti kemudian menyimpulkan, anak dari ibu yang mengalamiĀ stres ringan saat hamil, tiga kali lipat berisiko mengalami gangguan kepribadian ketika berusia 30 tahun. Sementara itu, ibu hamil yang mengalami stres berat menyebabkan anak berisiko 10 kali lipat mengalami gangguan kepribadian.

"Studi ini menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mental dan memberi dukungan bagi wanita hamil, selama periode antenatal dan postnatal," kata Ross Brannigan, ahli bedah dari Royal College di Irlandia, dilansir New York Post.

Gangguan kepribadian bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan menjalani kehidupan karena perilaku dan pola pikir mereka yang kurang sehat. Mereka bisa mengalami kecemasan berlebih atau tidak stabil secara emosional.

Awas! Stres Saat Hamil Sebabkan Gangguan Kepribadian AnakAwas! Stres Saat Hamil Sebabkan Gangguan Kepribadian Anak/ Foto: iStock


Umumnya, mereka yang memiliki gangguan kepribadian ciri-cirinya yakni berperilaku aneh, mengurung diri atau antisosial, sulit mengendalikan pikiran, dan sering berprasangka buruk.

Melihat betapa pentingnya mengelola stres saat hamil, melansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak mengalami stres saat hamil, di antaranya:

- Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman.
- Lakukan konseling dengan psikolog atau ahli untuk membantuĀ ibu hamil bicara tentang emosinya.
- Perubahan gaya hidup pada arah lebih sehat, seperti melakukan olahraga rutin yang aman selama hamil.
- Lakukan perawatan untuk segala kondisi medis yang terjadi.


Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi