sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Makanan Wajib Ibu Hamil Saat Puasa agar Tak Ganggu Nutrisi Janin

Arina Jumat, 01 May 2020 03:40 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta - Apa Bunda sedang hamil dan memutuskan untuk tetap berpuasa selama bulan Ramadhan? Jika iya, maka harus menjaga asupan saat sahur dan berbuka puasa ya, Bun.

Sarah Krieger, seorang ahli diet dan juru bicara kehamilan untuk Academy of Nutrition and Dietetics St. Petersburg, Florida, mengatakan bahwa ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi setiap hari. Belum lagi ketika Bunda berpuasa selama lebih dari 10 jam yang artinya harus menjaga asupan makanan selama Ramadhan.


Untuk memaksimalkan nutrisi saat kehamilan, Sarah menyarankan agar Bunda mengonsumsi lima jenis makanan berikut ini setiap hari. Pastikan Bunda mengonsumsinya pada sahur atau berbuka jika memutuskan untuk tetap berpuasa selama Ramadhan.


Berikut lima makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil setiap hari selama bulan Ramadhan, seperti dilansir dari Live Science:

1. Sayuran

Sarah mengatakan bahwa ibu hamil harus mengonsumsi sayuran setiap hari terutama selama trimester kedua dan ketiga. Bunda harus mengonsumsi sayuran pada saat sahur atau berbuka puasa dengan ukuran porsi lima sampai 10 bola tenis setiap hari. Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral.

2. Buah-buahan

Bunda juga harus mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Berbagai buah-buahan kaya akan vitamin dan serat yang bagus untuk pencernaan.

Kurma paling disarankan untuk berbuka puasa. Selain menjadi salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW, buah yang satu ini memiliki banyak manfaat buat ibu hamil. Makan kurma bisa membantu memenuhi kebutuhan energi selama kehamilan.

Kurma mengandung nutrisi penting di dalamnya. Dalam 100 gram kurma mengandung 277 kilo kalori energi, 1,8 gram protein, 6,7 gram serat, 15 mikrogram folat, 0,9 miligram besi, 2,7 mikrogram vitamin K, 54 miligram magnesium, dan 696 miligram pottasium.

Sedangkan menurut dietitian Natalie Butler RD, LD, kurma menawarkan banyak manfaat gizi selama kehamilan.

"Kurma merupakan sumber fruktosa alami yang baik, kurma dapat memberi Anda energi untuk melawan kelelahan kehamilan," tulis Butler, dikutip dari Healthline.

[RM Kontri-8] 5 Makanan Wajib Ibu Hamil Saat Puasa agar Tak Ganggu Nutrisi Janin5 makanan wajib ibu hamil saat puasa/ Foto: iStock

3. Protein Tanpa Lemak

Ibu hamil harus mengonsumsi protein yang baik setiap hari untuk mendukung pertumbuhan bayi. Sarah menyarankan Bunda mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, dan biji-bijian.

4. Biji-bijian Utuh

Makanan ini juga menjadi sumber energi penting dalam makanan. Biji-bijian utuh menyediakan serat, zat besi, dan vitamin B. Setidaknya Bunda mengonsumsi biji-bijian saat sahur dan berbuka puasa. Biji-bijian utuh bisa berupa oatmeal, gandum, roti, atau nasi merah.


5. Susu

Sarah menganjurkan ibu hamil mengonsumsi tiga sampai empat porsi susu setiap hari. Selain susu sapi atau kambing, Bunda bisa menggantinya dengan yogurt dan keju yang merupakan sumber kalsium, protein, serta vitamin D.

Apa Bunda sudah mengonsumsi kelima makanan ini setiap hari?

Bunda, simak juga yuk porsi makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil demi cegah stunting dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi