sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Penyebab Bunda Sering Merasa Lelah di Awal Kehamilan

Asri Ediyati Minggu, 10 May 2020 09:13 WIB
3 Penyebab Bunda Sering Merasa Lelah di Awal Kehamilan 3 Penyebab Bunda Sering Merasa Lelah di Awal Kehamilan/ Foto: iStock
Jakarta - Saat awal hamil, Bunda sering merasa lelah? Ya, kelelahan adalah tanda awal kehamilan yang hampir semua wanita alami pada trimester pertama. Bunda sering cepat merasa lelah pada minggu-minggu setelah pembuahan dan implantasi.

Kelelahan selama awal kehamilan biasanya membaik sekitar awal trimester kedua. Namun, Bunda kembali cepat lelahpada trimester ketiga, meskipun ini bervariasi dari kehamilan hingga kehamilan.


Mengutip dari What to Expect, kehamilan layaknya berlari maraton sambil membawa tas punggung yang bebanya makin berat tiap hari. Dengan kata lain, kehamilan adalah salah satu kerja keras seorang wanita.


Apa penyebabnya? Penyebab kelelahan selama awal kehamilan dapat meliputi:

1. Tubuh membangun plasenta

Selama trimester pertama, sejumlah besar energi digunakan untuk membangun sistem pendukung kehidupan untuk bayi, yaitu plasenta. Itulah sebabnya Bunda mungkin merasa sangat mengantuk.

2. Hormon

Hal yang juga harus disalahkan adalah perubahan hormon, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pergolakan mood. Fisik dan emosional selama kehamilan seperti naik roller coaster, bisa melelahkan.
ilustrasi hamil mudailustrasi hamil muda/ Foto: iStock

3. Peningkatan metabolisme ditambah dengan penurunan gula darah dan tekanan darah

Metabolisme tubuh Bunda meningkat secara signifikan sementara gula darah dan tekanan darah cenderung lebih rendah. Ini yang membuat Bunda merasa lelah di awal kehamilan.

Untuk itu, menurut perawat pendidik dari University of Tennessee di Knoxville, Deborah Weatherspoon, PhD, RN, CRNA, ibu hamil diminta beristirahat secara optimal. Sempatkan tidur siang, atur suasana kamar lebih nyaman untuk beristirahat.

Lalu, seperti yang sudah dijelaskan, pada awal kehamilan juga bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah, yang bisa membuat Bunda merasa lelah. Akan tetapi kurang tidur dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan ini meningkatkan risiko diabetes gestasional.

"Pertahankan kadar gula dan energi darah Anda seimbang dengan sering makan, seperti enam kali makan kecil sehari. Makanan yang sering mengandung nutrisi dan protein tinggi membantu mengatasi kelelahan," saran Weatherspoon dikutip dari Healthline.


Simak juga video penjelasan dokter penyebab kaki ibu hamil bengkak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi