sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Menghadapi Pandemi Virus Corona Saat Hamil Trimester Pertama

Kinan Rabu, 06 May 2020 12:26 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta - Berita kehamilan tentunya bisa membawa kegembiraan ya, Bun? Tapi dengan adanya pandemi virus corona alias COVID-19, para ibu hamil pun juga jadi resah.

Mulai dari serba takut saat mengonsumsi camilan dari luar rumah, ragu untuk pergi kontrol ke dokter, serta khawatir kelak melahirkan dalam suasana pandemi.


Menurut dokter spesialis kandungan yang praktik di New York, Jennifer Butt, MD, yang terpenting adalah selalu menjaga diri dan tidak menutup-nutupi informasi dari dokter.


"Riwayat kehamilan tiap orang berbeda-beda. Sebagian mungkin perlu lebih sering kontrol, sementara sebagian lainnya dianggap berisiko rendah. Pahami dulu kondisi kesehatan masing-masing," ujar Butt, dikutip dari Parents.

Nah, apa saja hal-hal penting yang tak boleh lupa ditanyakan kepada dokter selama pandemi?

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil. (Foto: Getty Images/iStockphoto/west)

Butt menjelaskan, selama sesi kontrol tanyakan pada dokter langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk meminimalkan kontak pribadi dengan orang lain. Ini dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan paparan atau penyebaran virus corona.

Sebisa mungkin juga Bunda manfaatkan teknologi untuk sesi konsultasi. Misalnya dengan menggunakan pesan teks atau juga dengan video call. Dengan begitu, Bunda tidak harus mengunjungi dokter secara langsung.

Dokter biasanya akan memastikan keluhan pasien, serta meminimalkan jumlah pasien yang antre di ruang tunggu. Jika tidak ada keluhan, konsultasi mungkin bisa ditunda selama 1-2 pekan.


Jangan lupa selalu konsumsi makanan yang bersih dan bergizi. Minumlah suplemen vitamin yang diberikan dokter sesuai anjuran resep. Sehat selalu ya, Bun.

Bunda bisa simak juga ciri-ciriĀ hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi