sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Kandungan Penting dalam Ikan Dori & Manfaat Super Bagi Ibu Hamil

Annisa Afani Selasa, 12 May 2020 08:12 WIB
Cute pregnant brunete woman relaxing on sofa and enjoying a vegetable salad.She's in late 20's.Wearing beige pregnancy pants and pink sleeveless tank top caption
Jakarta - Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena itu, menambahkan lebih banyak ikan dalam daftar bahan makanan tentu akan sangat baik bagi kesehatan ya Bun.

Dilansir dari Live Strong, The American Heart Association dan Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan orang dewasa untuk makan dua porsi ikan dalam seminggu atau sekitar 8 ons. Ikan cenderung rendah kalori, lemak serta menjadi sumber protein, vitamin dan mineral bagi tubuh, sehingga direkomendasikan untuk memenuhi nutrisi.


Salah satunya ikan dori Bun. Ikan jenis ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungannya. Berikut ini lima manfaat ikan dori bagi kesehatan ibu hamil:


1. Tinggi protein

Seperti yang telah diketahui ya Bun, ikan menjadi salah satu sumber makanan tinggi protein yang baik bagi tubuh. Dan tentunya, protein menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Dalam sehari, ibu hamil sangat direkomendasikan mengonsumsi 40-50 gram. Jika ibu hamil kekurangan protein bisa berisiko mengalami gangguan perkembangan pada otot, persendian, hingga tulang pada janin. Potensi buruk lainnya, bayi bisa lahir dengan berat badan kurang hingga cacat.

2. Kaya vitamin

Ada banyak vitamin yang terkandung dalam ikan dori, di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin D. Vitamin D berfungsi mendukung pertumbuhan tulang, gigi, otot, dan kekebalan tubuh pada janin. Sedangkan vitamin A untuk mendukung perkembangan organ bayi dan menurunkan risiko anemia.

Sementara bagi ibu hamil, vitamin D sangat dibutuhkan untuk menghindari tekanan darah tinggi serta diabetes selama masa kehamilan. Adapun vitamin B kompleks berperan meningkatkan kekebalan tubuh serta menjauhkan dari masalah kulit dan rambut rontok.

2. Omega-3

Omega-3 memiliki peran penting untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga bisa mengurangi kadar lemak jahat dan kolesterol dalam darah.

Di sisi lainnya, omega-3 juga berfungsi menjaga kesehatan otak. Bahkan asupan omega-3 yang cukup dalam sehari dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan depresi.

ikan doriikan dori/ Foto: greendale


Untuk ibu hamil, omega-3 mampu mengurangi risiko kelahiran prematur. Ibu hamil yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3, cenderung akan melahirkan anak dengan kemampuan indra, kognitif, serta motorik yang lebih baik lho Bun.

3. Vitamin dan mineral

Ikan juga mengandung beragam vitamin dan juga mineral penting untuk menutrisi agar tubuh tetap sehat. Vitamin dan mineral yang dikandungnya, yakni kalsium, vitamin D, vitamin B kompleks, vitamin A, fosfor, magnesium, kalium, zat besi, natrium, asam folat, selenium, dan mangan.

4. Asam folat

Ikan dori mengandung asam folat yang cukup tinggi. Ini berfungsi mencegah anemia, menurunkan risiko pre-eklampsia, dan keguguran.
Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 600 miligram (mg) asam folat setiap harinya.


5. Zat besi

Selain berbagai jenis vitamin dan mineral yang telah disebutkan, salah satu yang terpenting adalah zat besi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menambah volume darah hingga meningkatkan kekebalan tubuh tubuh ibu. Jika zat besi dapat terpenuhi dengan baik, maka ibu hamil tidak mudah terserang penyakit, serta terhindar dari anemia ya berbahaya saat proses persalinan.

Tonton juga cara melihat ciri hamil dari kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi