sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Buah Kaya Asam Folat yang Penting Dikonsumsi saat Bunda Hamil

Annisa Afani Sabtu, 23 May 2020 14:15 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan buah Ibu hamil makan buah/ Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bunda, Asam folat merupakan bagian dari vitamin B yang memiliki manfaat super untuk kesehatan, terutama wanita. Folat memiliki peran utama untuk membuat sel-sel baru dengan membantu menghasilkan bahan genetik (DNA dan RNA). Inilah sebabnya mengapa folat sangat penting selama masa pertumbuhan sel yang cepat, seperti kehamilan.

Folat juga berfungsi dalam membentuk sel darah merah dan membantu melindungi dari penyakit jantung dan kanker payudara. Jika tidak mendapatkan cukup kadar folat dalam tubuh, maka hal tersebut dapat menyebabkan masalah serius, termasuk anemia serta peningkatan risiko kanker serviks, usus besar, otak, dan paru-paru.


Hal tersebut dapat diupayakan, namun sejak sebelum masa kehamilan atau setidaknya masih awal kehamilan. Oleh sebab itu, wanita subur sangat dianjurkan untuk memenuhi kadar folat, setidaknya 400 mcg folat dalam sehari Bun.Dikutip dari Womens Health Mag, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyatakan bahwa sebanyak 50 hingga 75 persen dari cacat lahir yang serius dapat dicegah dengan mendapatkan asam folat yang cukup.


Nah, berikut jenisĀ buah yang dapat Bunda konsumsi untuk memenuhi kadar asam folat yang dibutuhkan:

1. Jeruk

Selain lezat dan penuh rasa, baik buah jeruk bali, lemon, dan nipis kaya akan folat. Dalam satu buah dengan ukuran besar, jeruk dapat mengandung 55 mcg folat, atau sekitar 14 persen dari angka kecukupan gizi.

Buah jeruk juga mengandung vitamin C, yakni mikronutrien penting yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan membantu pencegahan penyakit. Penelitian observasi juga telah menemukan bahwa asupan buah jeruk yang tinggi dapat dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara, perut, dan pankreas.

2. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis padat nutrisi yang berasal dari Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Meski begitu, buah lezat ini penuh dengan kandungan folat.

PepayaPepaya/ Foto: iStock

Dalam 140 gram pepaya mentah, dapat mengandung 53 mcg folat, yang setara dengan sekitar 13 persen dari angka kecukupan gizi. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan seperti karoten.

Peneliti berspekulasi bahwa makan pepaya mentah dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kontraksi dini pada wanita hamil. Tetapi bukti ini lemah.

3. Alpukat

Bukan hanya kaya lemak sehat, alpukat juga dapat menjadi sumber folat yang baik sekitar 54 mcg, atau lebih kurang 10 persen dari nilai harian per sajian. Menurut penulis Fertility Foods Cookbook, Elizabeth Shaw, mengganti lemak lain, seperti mayones atauĀ mentega dengan alpukat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan folat dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Blewah

Buah ini tidak hanya merupakan sumber folat yang baik, tetapi juga kaya akan vitamin C dan A. Seperempat dari blewah berukuran sedang menyediakan 25 mcg asam folat.

5. Buah Tropis

Dikutip dari Unity Point, beberapa jenis buah-buahan tropis seperti mangga, kiwi, dan delima, juga merupakan sumber folat yang baik Bun. Satu buah mangga mengandung 144 mcg, dan satu buah delima mengandung sekitar 27 persen dari nilai kecukupan gizi harian.

Lihat juga style baju kerja saat hamil dalam video berikut Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi