sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat dan Aturan Aman Makan Blewah untuk Ibu Hamil, Yuk Cek Bunda

Kinan Sabtu, 23 May 2020 16:17 WIB
buah blewah Manfaat dan Aturan Aman Makan Blewah untuk Ibu Hamil, Yuk Cek Bunda/ Foto: iStock/istimewa
Jakarta -

Buah-buahan segar bisa menjadi hidangan penutup yang istimewa untuk Hari Raya Idul Fitri nanti, termasuk salah satunya blewah. Buah ini bisa dijadikan sebagai kudapan es yang menggiurkan.

Tetapi tahukah Bunda bahwa di balik rasa segarnya ada teori yang menyebutkan blewah sebaiknya tak dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil.

Ya, dikutip dari Kingdom of Baby, blewah sebaiknya tidak dimakan berlebihan oleh ibu hamil karena terdapat kandungan bakteri tertentu pada permukaan kulitnya. Bakteri tersebut yakni listeria.


Bakteri ini bisa memicu risiko serius bagi bayi, terutama akibat infeksi listeriosis. Infeksi tersebut rentan menyerang mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, termasuk ibu hamil.

Tapi ingat ya, hanya blewah terkontaminasi saja yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Maka dari itu, jangan lupa memilih blewah yang masih segar dan mencucinya dengan total, Bun.

Saat hendak membeli blewah, pilih yang yang matang, terasa agak berat dan bentuknya simetris.

Buah blewahBuah blewah. (Foto: iStock/istimewa)

Perhatikan juga warna kulitnya, pilih yang kuning muda oranye dan tidak hijau. Pencucian juga penting untuk menghilangkan kotoran bakteri di permukaan kulit.

Dilansir Healthline, blewah kaya akan nutrisi, lho. Buah ini memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Bahkan menurut United States Department of Agriculture, betakaroten pada blewah lebih tinggi daripada jeruk.

Blewah juga memiliki kandungan sehat seperti vitamin C, vitamin A, folat, serat dan beberapa mineral lain yang baik untuk ibu hamil. Jadi, jangan ragu makan blewah selama buahnya matang, rasanya manis segar dan berkualitas ya, Bun!

Simak juga jenis buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi