sign up SIGN UP search


menyusui

Perlukah Ibu Menyusui Minum Suplemen DHA untuk Kecerdasan Bayi?

Annisa Karnesyia Kamis, 21 May 2020 13:37 WIB
closeup hand holding fish oil vitamin for healthy caption
Jakarta -

DHA atau docosahexaenoic acid merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan bayi dan anak-anak. DHA paling mudah didapatkan dalam bentuk suplemen Omega-3 yang bersumber dari ikan, Bunda.

Setelah melahirkan, kebutuhan DHA seorang ibu akan meningkat karena menyusui bayinya. Dikutip dari American Pregnancy, tingkat DHA seorang ibu menyusui bisa rendah karena mentransmisikan cadangan DHA ke bayi dalam ASI.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan wanita yang sedang hamil, menyusui, atau berencana hamil, makan 8 sampai 12 ons (2 sampai 3 porsi) ikan rendah merkuri per minggu. Namun, kandungan logam berat bisa menciptakan masalah bagi wanita yang justru membutuhkan DHA.


Menurut konsultan laktasi Melissa Kotlen, DHA sebenarnya secara alami ditemukan dalam ASI pada ibu yang makan ikan, telur, dan daging merah. DHA sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

"Otak bayi tumbuh sangat cepat di tahun pertama kehidupannya dan bertambah tiga kali lipat saat ulang tahun pertama," kata Kolten, dilansir Very Well Family.

"DHA juga memainkan peran penting dalam perkembangan mata bayi," sambungnya.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Idealnya Bunda harus mendapatkan sekitar 1.500 miligram DHA per minggu. Tetapi bagi ibu menyusui, mungkin perlu melengkapinya dengan DHA tambahan.

Vitamin prenatal mungkin sudah mengandung DHA. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter soal mengonsumsi suplemen DHA takaran 200 hingga 400 miligram per hari.

Bagi Bunda yang vegetarian atau vegan, bisa mencari alternatif lain dari sumber DHA di makanan. Contohnya, minyak flaxseed, canola, kedelai, kacang kenari, chia seed, dan rumput laut.

Namun, DHA yang bersumber dari makanan non-hewani ini mungkin tidak cukup. Takaran konsumsinya harus dibicarakan dengan dokter.

"Anda harus berbicara dengan dokter bila ingin mengonsumsi vitamin prenatal yang mengandung DHA atau minum suplemen DHA harian yang terpisah," pungkas Kolten.

Bunda, simak juga perlengkapan wajib untuk ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi