sign up SIGN UP search


kehamilan

Kecemasan yang Umum Dialami Ibu Hamil di Trimester Dua

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 24 May 2020 12:55 WIB
Kecemasan yang Umum Dialami Ibu Hamil di Trimester Dua Kecemasan ibu hamil di trimester dua/ Foto: iStock
Jakarta -

Memasuki trimester kedua kehamilan mungkin menjadi masa-masa menyenangkan bagi para Bunda. Setelah melalui fase panjang morning sickness di trimester awal kehamilan, tubuh sudah lebih nyaman dari sebelumnya.

Melansir Parents, pada trimester kedua ini, tingkat hormon yang biasanya berfluktuasi menjadi lebih stabil. Sehingga perubahan suasana hati menjadi lebih stabil dibanding trimester pertama. Bunda pun akan merasa lebih nyaman dan kondisinya lebih seimbang.

"Ibu hamil akan merasa lebih baik pada tahapan ini di mana mereka dapat mengatasi setiap suasana hati yang berubah-ubah dan mengatasinya dengan tenang," ujar Linda Jenkins, seorang perawat dan doula di San Fransisco.


Dengan kondisi yang lebih tenang ini, sebagian besar ibu hamil akan merasa jauh lebih optimistis. Tetapi, tak sedikit pula yang merasa terganggu oleh ketakutan tentang segala sesuatu yang terjadi selama persalinan, kesehatan bayi, hingga apakah mereka akan menjadi Bunda yang baik nantinya.

Woman enjoying pregnancyKecemasan ibu hamil di trimester dua/ Foto: Getty Images

Tak jarang, banyak ibu hamil yang merasa cemas dan panik luar biasa, terutama ketika membayangkan momen kesakitan melahirkan ataupun kontraksi persalinan.

Ya, hal ini memang serangan yang wajar pada para ibu hamil. Dan akan teratasi dengan baik ketika dipersiapkan dengan baik pula. Bagi Bunda yang merasakan hal yang sama dan mengkhawatirkan soal persalinan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk meredakan kecemasan tersebut. Serta, fokuslah pada pilihan gaya hidup sehat yang akan memberikan bayi Bunda awal yang baik, seperti dikutip dari laman Mayo Clinic.

Kemudian, Bunda juga dapat melakukan perawatan prenatal sehingga dapat fokus pada pertumbuhan bayi dan mendeteksi masalah kesehatan apa pun. Oh ya, Bunda, jangan lupa juga untuk tetap rileks menghadapi hari demi hari selama kehamilan. Sebab, ini merupakan kunci penting agar Bunda tetap tenang dan terhindari dari kecemasan.

Ingat ya, Bunda, semakin Bunda memahami perasaan diri sendiri maka semakin Bunda dapat merasa rileks menghadapi berbagai hal. Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak ya penjelasan penyebab tangan dan kaki jadi bengkak selama hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi