sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips agar Ibu Hamil Tak Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Asri Ediyati Kamis, 21 May 2020 12:32 WIB
pregnant woman making heart shape with hands. first month of the pregnancy. 5 Tips agar Ibu Hamil Tak Sering Buang Air Kecil di Malam Hari/ Foto: iStock
Jakarta -

Keluhan sering buang air kecil umum dialami ibu hamil. Biasanya ini terjadi di trimester pertama dan ketiga kehamilan. Apa penyebabnya?

Mengutip dari What to Expect, level hormon hCG (hormon kehamilan) yang tinggi membuat Bunda sering berkemih, siang dan malam hari. Ditambah, ginjal harus memfilter darah 50 persen dari biasanya saat hamil. Ini yang menyebabkan urine bertambah.

Di trimester ketiga, rahim yang terus membesar bisa menekan kandung kemih, dan inilah yang membuat Bunda sering pipis. Mungkin, sering pipis di siang hari tak masalah, namun jika malam hari tentu akan mengganggu tidur nyenyak Bunda.


Berikut ini lima tips agar ibu hamil tak sering buang air kecil di malam hari:

1. Cukupi kebutuhan mineral sebelum malam hari

Menurut dokter OB-GYN Brian Levine, MD, MS, FACOG, minumlah di siang hari. Untuk mengurangi frekuensi buang air kecil di malam hari, Bunda dapat mencoba memenuhi asupan cairan harian dengan minum lebih banyak cairan di pagi dan sore hari.

Saat menjelang tidur, Bunda bisa minum lebih sedikit. Masih penting untuk mengonsumsi setidaknya sekitar 2 liter air per hari.

2. Hindari kafein

Kafein bersifat diuretik, itu menghilangkan air dari tubuh. Bunda bisa lebih sering ke toilet setelah konsumsi minuman berkafein. Jadi, batasi kopi dan teh sementara waktu.

3. Condongkan tubuh ke depan saat buang air kecil

Saat Bunda buang air kecil, condongkan tubuh ke depan. Membungkuk ke depan dapat membantu Bunda lebih mengosongkan kandung kemih.

4. Perhatikan berat badan

Kalau yang satu ini jangka panjang (selama kehamilan), cobalah untuk tetap on track untuk penambahan berat badan selama kehamilan. Menambah berat badan terlalu banyak memberi tekanan ekstra pada kandung kemih.

5. Hindari sembelit

Ketika tinja masih berada di perut, itu membutuhkan ruang dan bisa menekan kandung kemih Bunda. Sebenarnya, mungkin tidak mungkin untuk menghindari sembelit sama sekali, tetapi Bunda bisa mengupayakan dengan minum cukup cairan, berolahraga sedikit, dan mendapatkan cukup serat selama makan.

Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi