sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Tips Mudah Hamil untuk Wanita di Atas 35 Tahun

Muhayati Faridatun Kamis, 21 May 2020 08:01 WIB
3 Tips Mudah Hamil untuk Wanita di Atas 35 Tahun Ilustrasi hamil di atas usia 35/ Foto: iStock
Jakarta -

Tidak sedikit wanita berusia di atas 35 merasa cemas saat ingin hamil. Banyak juga yang mengatakan kalau wanita berusia di atas 35 lebih sulit untuk hamil. Lalu, bagaimana pendapat dokter?

Dijelaskan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), secara data, angka kehamilan wanita usia di atas 35 memang lebih rendah dibanding usia di bawah 35. Tapi, bukan berarti Bunda yang berusia di atas 35 jadi berkecil hati.

"Untuk wanita, usia di atas 35 ini merupakan lampu kuning untuk usia reproduksi, artinya untuk mendapat keturunan. Anda harus tetap optimis dan harus menerapkan pola hidup sehat," kata Boy, dikutip dari YouTube channel dr Boy Abidin.


Boy kemudian menjelaskan, apa saja yang harus diperhatikan jika wanita di atas 35 tahun ingin hamil. Ini juga penting untuk semua wanita agar kesehatan reproduksi tetap terjaga sampai usia di atas 35.

Ilustrasi hamil di atas usia 35Ilustrasi hamil di atas usia 35/ Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021

1. Pola hidup sehat

Disarankan Boy, upayakan agar selalu menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya tertib dalam jam istirahat yakni tidur malam tidak lebih dari jam 10.

"Jangan sering begadang," ujar Boy.

2. Makanan bergizi

Makan makanan bergizi, menurut penjelasan Boy, penting untuk membuat metabolisme tubuh Bunda jadi lebih baik. Salah satunya metabolisme untuk pembentukan hormon agar siklus menstruasi Bunda teratur.

"Makan makanan bergizi, jangan terlalu banyak diet macam-macam. Makan usahakan ada karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah-buahan, juga minum susu," saran Boy.

3. Olahraga teratur

Banyak wanita tidak sempat berolahraga karena sibuk bekerja atau urusan rumah tangga. Sehingga, banyak yang melupakan pola hidup sehat. Boy mengingatkan, penting untuk berolahraga secara teratur minimal dua atau tiga kali seminggu.

"Bagi yang sibuk bekerja dan tidak menerapkan pola hidup sehat, hati-hati kesehatan reproduksi Anda akan menurun. Di atas usia 35 atau menjelang 40, cadangan sel telur Anda kemungkinan sudah menurun," jelas dokter yang praktik di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta.

Khusus bagi wanita yang tinggal di kota besar, kata Boy, sebaiknya hindari polusi udara, zat kimia, atau radiasi lain. Hindari juga asap rokok ya, Bunda. Perlu diingat, ini juga berlaku bagi pria.

"Tidak sedikit juga pria usia di atas 35 yang kualitas spermanya menurun. Ini karena dia merokok, sering stres, sering begadang, kurang olahraga, berat badan berlebihan," tegas Boy.

Bunda, simak juga yuk tips agar kulit tidak kering saat hamil, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi