sign up SIGN UP search


kehamilan

Seberapa Banyak Tambahan Kalori untuk Ibu Hamil di Tiap Trimester?

Siti Hafadzoh Sabtu, 13 Jun 2020 07:00 WIB
Having breakfast at home caption
Jakarta -

Ibu hamil membutuhkan kalori tambahan untuk menunjang perkembangan janin. Katanya, ketika hamil, Bunda butuh asupan makanan untuk dua orang. Tapi, berapa banyak kalori tambahan yang dibutuhkan ibu hamil di setiap trimesternya?

Jika berat badan normal dan bukan sedang hamil, jumlah kalori yang dibutuhkan sekitar 2000 kalori setiap hari. Nah, ketika hamil kebutuhan kalorinya lebih dari 2000 kalori, Bunda.

Menambah kalori bagi ibu hamil bukan berarti sembarang makan ya, Bunda. Perlu dipilah dulu makanan yang sehat untuk memenuhi kalori ibu hamil.


"Contoh makanan yang bisa memenuhi tambahan kalori tersebut adalah bubur kacang ijo dan telur rebus satu buah, susu segelas dan telur rebus satu buah," kata ahli gizi dr Merdina Manik, M.Gizi.

Pemenuhan kalori untuk ibu hamil juga harus dipenuhi dengan porsi makan yang tepat. Menurut Medina, porsi makan yang tepat adalah porsi kecil tapi sering, dengan jadwal 3 kali makan utama dan 3 selingan.

"Makanan utama berupa nasi 150 gram, lauk dua potong dan sayur semangkok. Selingan dapat diberikan buah-buahan. Selingan malam dapat diberikan susu segelas," ujar Merdina.

ilustrasi ibu hamil makanIlustrasi ibu hamil makan/ Foto: iStock

Dilansir What to Expect, berikut kebutuhan kalori tambahan ketika hamil setiap trimester.

1. Trimester pertama

Di trimester pertama, Bunda mungkin tidak terlalu banyak memerlukan kalori tambahan. Bunda justru harus lebih fokus pada pemilihan makanan yang bernutrisi supaya mendukung perkembangan janin.

2. Trimester kedua

Tambahkan asupan kalori ketika trimester dua hingga 300-350 kalori per hari. Ini setara dengan dua gelas susu skim dan secangkir oatmeal.

3. Trimester ketiga

Pada trimester tiga, Bunda membutuhkan tambahan kalori yang lebih besar, Bunda. Ibu hamil trimester tiga membutuhkan tambahan 500 kalori per hari.

4. Hamil bayi kembar

Karena ada lebih dari satu janin yang ada di dalam kandungan, Bunda membutuhkan lebih banyak lagi kalori. Tambahkan sekitar 300 kalori per hari untuk setiap janin.

Namun, jumlah tambahan kalori ini tergantung pada kondisi tubuh Bunda ya. Kalau kekurangan berat badan, Bunda perlu tambahan kalori lagi.

Bunda, lihat juga tips mencegah kehamilan ektopik di video berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi