sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Bahan Alami untuk Pudarkan Bekas Luka Operasi Caesar

Annisa Afani Kamis, 18 Jun 2020 19:06 WIB
Surgeons preparing patient for C-Section surgical procedure in hospital caption
Jakarta -

Luka setelah operasi caesar bisa meninggalkan bekas, Bunda. Meski tidak ada perawatan yang dapat untuk mengembalikan luka bekas operasi caesar kembali seperti semula, namun tampilan dari bekasnya bisa dipudarkan, lho Bunda.

Panjang sayatan operasi caesar biasanya sekitar 15,24 centimeter (cm), dan bekas luka akan terbentuk di atas luka yang sembuh. Bekas luka terkadang menjadi lebih tebal, tampak merah muda, merah atau mengkilap.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi penyembuhan luka bekas operasi caesar, yakni berapa lama jahitan itu sembuh, usia, dan genetika.


Apa yang dapat memudarkan bekas luka?

Bekas luka sering memudar seiring waktu, tetapi tidak pernah hilang sepenuhnya. Jika bekas luka caesar dianggap mengganggu, ada beberapa bahan alami sederhana yang akan membantu memperbaiki penampilannya.

Dilansir dari HealthGrades dan IndiaTimes, berikut bahan alami yang dapat digunakan:

1. Petroleum jelly

Bahan ini dapat menjaga sayatan tetap lembap dan tertutup, yang membantu mengurangi jaringan parut setelah operasi caesar. Penelitian menunjukkan, petroleum jelly bisa memudarkan bekas luka dengan baik. Caranya, oleskan pada bekas luka dan jaga tetap tertutup.

Petroleum jelly mencegah bekas luka menjadi terlalu besar, dalam atau gatal. Penting juga untuk memberikan tekanan konstan pada bekas luka dengan perban. Ini membantu menjaga bekas luka tetap rata.

2. Gel silikon

Mengoleskan gel silikon yang lengket dan bening di atas area sayatan juga efektif karena dapat membantu menjaga bekas luka tetap lembap dan tertutup. Ini akan membuat bekas luka menjadi lebih lembut, tipis, dan mengurangi kemerahan.

Setelah sayatan sembuh, tutupi sepenuhnya dengan perban dan lepaskan ketika akan mandi. Bunda dapat terus menggunakannya selama beberapa minggu atau hingga dua bulan untuk melihat perubahannya.

3. Vitamin E atau ekstrak bawang merah

Vitamin E atau ekstrak bawang merah juga dapat membantu mengurangi bekas luka caesar. Penelitian menunjukkan bahwa zat ini dapat mengurangi atau mencegah bekas luka yang timbul dengan menghalangi pertumbuhan jaringan parut.

4. Madu

Madu diketahui dapat mengurangi dan mengatasi masalah peradangan kulit. Menurut peneliti, madu mampu untuk membantu pembentukan jaringan baru. Madu juga dapat mengurangi jaringan parut atau mencegah bekas luka.

Ilustrasi ibu hamil konsumsi maduIlustrasi madu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic

5. Ekstrak licorice

Ekstrak licorice memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Dengan kandungannya tersebut, bahan alami ini mampu mempercepat regenerasi sel kulit sekaligus mencerahkan kulit.

6. Jeruk lemon

Jeruk ini membantu meringankan bekas luka karena kaya antioksidan dan vitamin C. Meski demikian, Bunda jangan mengoleskan air lemon pada luka yang masih baru lantaran malah akan memperlambat proses penyembuhan operasi caesar.

7. Cocoa butter

Cocoa butter memiliki sifat antioksidan yang kuat. Karena sifatnya tersebut, sehingga bisa membantu menyembuhkan bekas luka pasca-operasi caesar.

8. Gel lidah buaya

Gel ini bisa membantu menghilangkan stretch mark dan bekas luka operasi caesar dengan cara mendinginkan dan menghilangkan stres kulit, sehingga mampu memudarkan bekas luka. Caranya, Bunda cukup mengoleskan gel ini 2-3 kali sehari secara rutin pada area bekas luka caesar.

9. Minyak herbal

Minyak herbal diyakini bisa menyembuhkan bekas luka karena bisa memproduksi kolagen di bawah jaringan kulit. Untuk mempercepat hasilnya, Bunda bisa menggunakan minyak herbal untuk pijat di area bekas luka dengan lembut.

Pijat juga dipercaya bisa melembutkan jaringan parut, meluruskan serat kolagen dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Dengan demikian, akan membantu memudarkan bekas luka secara perlahan.


Meski begitu, para ahli mengatakan masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat dari bahan alami untuk memudarkan bekas luka operasi caesar. Jadi, jika Bunda ingin menggunakannya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter.


Bunda, simak juga pertolongan pertama pada luka anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi