sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Pasien Jantung Lebih Berisiko untuk Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 01 Jul 2020 15:09 WIB
Pregnant woman Risiko hamil pada pasien jantung/ Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian Bunda yang memiliki gangguan jantung kerap dilanda kekhawatiran menghadapi kehamilan. Tetapi, benarkah pasien jantung lebih berisiko saat hamil?

Melansir Parents, ada kesalahpahaman persepsi mengenai hal ini. Salah jika ada anggapan pasien jantung tidak diperbolehkan hamil. Penyakit jantung dapat dikelola dengan aman selama kehamilan, seperti dikatakan Stephanie Martin, seorang direktur medis di the Texas Children Pavilion for Women di Houston.

"Evaluasi penting dilakukan untuk menentukan apakah kehamilan merupakan ide yang baik. Tetapi, sangat jarang kondisi jantung pasien membuat kehamilan terlalu berisiko. Dalam beberapa kasus, perubahan hormon dalam kehamilan sebenarnya membantu kerja jantung dapat dikompromikan lebih baik," ujar John Molk, M.D, associate professor of Obstetrics and Gynecology di SUNY Upstate Medical University di Syracuse.


Menurut Molk, wanita dengan risiko tinggi penyakit jantung harus selalu mendapatkan konseling dari ahli sebelum mereka hamil. Selain itu, dianjurkan untuk melakukan perawatan prenatal khusus yang membantu meningkatkan peluang mereka memiliki kehamilan yang sehat.

Perlu Bunda tahu bahwa selama kehamilan, perubahan terjadi pada jantung dan pembuluh darah. Perubahan ini memberikan tekanan ekstra pada tubuh dan mengharuskan jantung bekerja lebih keras.

Perubahan seperti volume darah, peningkatan detak jantung, penurunan tekanan darah, merupakan perubahan yang normal selama kehamilan. Perubahan tersebut juga membantu memastikan bahwa bayi Bunda cukup mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup, seperti dikutip dari laman Clevelandclinic.

Pregnant womanRisiko pasien jantung saat hamil/ Foto: iStock

Bagi Bunda yang memiliki kondisi jantung mungkin perlu mengambil tindakan pencegahan khusus sebelum dan selama kehamilan. Sebab, beberapa kondisi jantung dapat meningkatkan risiko komplikasi.

Selain itu, beberapa wanita yang memiliki kondisi jantung atau pembuluh darah yang tidak teridentifikasi sampai kehamilan. Kesehatan dan kesejahteraan ibu tentu sangatlah penting karena jika sesuatu yang buruk terjadi pada Bunda maka bayi yang dikandung pun tidak akan selamat.

Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika Bunda memang merencanakan kehamilan ya, Bunda, untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Semoga membantu, Bunda!

Simak juga yuk perubahan wanita hamil dilihat dari perubahan kulitnya seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi