kehamilan

Catat! Ini Kandungan Pil KB yang Bikin Bunda Berjerawat

Arina   |   HaiBunda

Rabu, 08 Jul 2020 07:00 WIB

Jakarta -

Banyak wanita memilih pil KB sebagai upaya untuk mencegah kehamilan. Efek samping dari pil KB bagi wanita berbeda-beda. Beberapa wanita menjadi jerawatan setelah minum pil KB.

Benarkah pil KB bikin jerawatan, Bunda? Dr. Lawrence E. Gibson, M.D., dari Mayo Clinic membenarkan hal tersebut.

"Ya, pil KB (kontrasepsi oral) bisa meningkatkan jerawat pada wanita. Meskipun biasanya aman dan efektif, pil KB tidak berarti cocok untuk semua orang. Beberapa efek sampingnya seperti sakit kepala, nyeri payudara, mual," jelas Dr. Lawrence seperti dilansir Mayo Clinic.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Tapi jangan berkecil hati dulu, karena sebenarnya hanya sebagian orang saja yang jadi berjerawat setelah minum pil KB. Sementara sebagian lainnya, justru memiliki efek samping positif seperti menyembuhkan jerawat. Ya, ada beberapa wanita yang justru mendapatkan jerawat jika berhenti minum pil KB karena alat kontrasepsi tersebut membantu menekan hormon mereka.

Cara Kerja Pil KB

Untuk itu, Bunda perlu memahami cara kerja pil KB. Setiap pil memiliki formulasi kimia yang berbeda. Efek samping bahan kimia itu yang membuat hasilnya berbeda-beda pada setiap orang.

Kebanyakan kontrasepsi hormonal mengandung estrogen dan progestin. Ada yang mengandung progestin dengan efek androgenik pada tubuh sehingga meningkatkan kemungkinan pil KB bikin jerawatan.

Apa Itu Androgenik?

Dilansir Flo Health, androgen merupakan hormon seks pria yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin dan ovarium. Tubuh wanita juga memproduksi hormon ini tapi jumlahnya sedikit.

Ada beberapa jenisĀ pil KB yang menggunakan progestin sintesis memiliki efek androgenik. Ini berarti meningkatkan jumlah androgen dalam tubuh, Bunda. Ketika jumlah androgen meningkat bisa menyebabkan rambut rontok, rambut rusak, dan jerawat.

Peningkatan androgen juga bisa memicu produksi sebum berlebih, zat berminyak yang diproduksi oleh kulit untuk perlindungan. Kelebihan sebum dapat menyumbat pori-pori, menjerat sel kulit mati dan kotoran sehingga menyebabkan terbentuknya jerawat.

Pil KBPil KB bikin gemuk/ Foto: Thinkstock

Jerawat Sembuh Setelah Minum Pil KB

Pil KB tak hanya bikin jerawatan, justru ada yang sembuh setelah meminumnya. Ini karena cara KB mereka mengatur hormon mereka.

Saat memilih pil KB, akan sangat membantu jika Anda melakukan riset sendiri. Mengunjungi setiap situs web obat-obatan dan membaca bahan-bahannya dapat membantu Anda menghindari kontrasepsi dengan efek androgenik. Terus terang dengan dokter tentang kekhawatiran Anda juga bisa membantu.

Apa jenis alat kontrasepsi yang dapat membantu mengobati jerawat?

Meskipun beberapa jenis kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan jerawat, ada juga pil yang dapat membantu mengobati jerawat.

Food and Drug Administration (FDA) telah menyetujui beberapa jenis pil KB untuk mengobati jerawat. Semuanya adalah kontrasepsi oral kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin.

Untuk itu, sebelum menentukan alat kontrasepsi sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Diskusi dengan dokter atau ginekolog yang Bunda percaya untuk mendapatkan alat kontrasepsi terbaik.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak penjelasan dokter berikut yuk untuk mengetahui kontrasepsi yang terbaik:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT