sign up SIGN UP search

kehamilan

Adakah Pil KB yang Bagus untuk Kulit dan Tidak Bikin Gemuk? Lihat Kandungan Hormonnya

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 26 Sep 2022 17:40 WIB
Ilustrasi flek hitam atau jerawat pada wajah caption
Jakarta -

Salah satu cara mengontrol kelahiran adalah dengan kontrasepsi pil KB. Namun memang penggunaan alat KB bukan tanpa efek samping ya Bunda. Meski beragam, sebagian Bunda merasa enggan untuk menggunakan pil KB karena merasa ada perubahan pada kulit dan berat badan mereka.

Lalu, apakah ada pil KB yang bagus untuk kulit dan tidak bikin gemuk? Kebanyakan pil KB diketahui memberikan efek kulit jadi berjerawat serta badan menjadi gemuk.

Bahan-bahan dalam pil KB ini bervariasi lho. Jadi Bunda harus memastikan pil KB yang dipilih mengandung campuran hormon yang tepat. 


Bahkan ada lho pil KB yang digunakan dermatologis untuk mengobati jerawat. Namun, hanya tiga pil yang benar-benar telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati jerawat.

Pil KB yang bagus untuk kulit dan tidak bikin gemuk

Debra Rose Wilson yang merupakan seorang profesor, peneliti, dan praktisi kesehatan holistik mengatakan bahwa hormon sintetis yang ditemukan di beberapa pil KB dapat membantu mengurangi sekresi minyak dari kelenjar. Ini yang sebenarnya dapat mengurangi jerawat.

Seperti apa kerja pil KB? Alat pengendali kelahiran tersebut mengandung hormon sintetis (buatan manusia) yang mencegah sperma membuahi sel telur. Pil KB ini melakukan beberapa hal ini:

  • Menghentikan ovarium dari melepaskan sel telur

  • Mengubah konsistensi lendir serviks untuk mempersulit sperma mencapai sel telur

  • Mengubah lapisan rahim untuk mencegah implantasi

"Beberapa pil KB mengandung bentuk sintetis dari hormon estrogen dan progesteron. Pil jenis ini dikenal sebagai pil kombinasi," kata Wilson dilansir Healthline.

Sedangkan pil KB lainnya hanya mengandung progestin, bentuk sintetis dari progesteron. Ini terkadang disebut sebagai pil mini.

Manfaat minum pil KB

Ada berbagai manfaat dengan memilih pil KB, antara lain:

  • Periode yang lebih ringan dan lebih teratur
  • Kram menstruasi lebih sedikit
  • Mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk kanker ovarium, rahim, dan usus besar
  • Jerawat membaik

Namun, penggunaan pil KB tidak melindungi Bunda dari infeksi menular seksual (IMS). Bunda harus mempertimbangkan menggunakan metode penghalang, seperti kondom, untuk melindungi dari IMS.

Pil KB bagus untuk kulit

Wilson bilang, FDA telah menyetujui pil KB ini untuk pengobatan jerawat, yakni Beyaz yang menggabungkan drospirenone, etinil estradiol, dan kalsium levomefolat. Estrostep Fe yang menggabungkan norethindrone acetate, etinil estradiol, dan ferrous fumarat.Ortho Tri-siklus

Ortho Tri-Cyclen yang menggabungkan norgestimate dan etinil estradiol. Serta Yaz yang menggabungkan drospirenone dan etinil estradiol.

Penelitian pil KB dan jerawat

Sebuah tinjauan tahun 2012 mengamati 31 percobaan yang melibatkan penggunaan alat kontrasepsi sebagai pengobatan jerawat. Setelah melihat pada enam percobaan baru, penulis menyimpulkan bahwa semua pil KB kombinasi mengobati jerawat noninflamasi dan inflamasi.

Studi ini juga menunjukkan bahwa pil KB kombinasi yang mengandung drospirenone lebih efektif daripada yang mengandung norgestimate atau nomegestrol asetat plus 17 beta-estradiol.

Pil kombinasi yang mengandung drospirenone kurang efektif dibandingkan yang mengandung cyproterone acetate.

Sebuah tinjauan 2018 juga menegaskan bahwa semua hormon yang berbeda dalam pil KB kombinasi efektif mengurangi peradangan jerawat.

Sementara tinjauan tahun 2021 melaporkan bahwa antibiotik oral menjadi pilihan pertama untuk mengobati jerawat yang resisten terhadap perawatan topikal, dan menambahkan kontrasepsi oral yang mengandung estrogen dan progesteron (pil kombinasi) bekerja lebih efisien.

Bagaimana dengan risiko berat badan bertambah dengan minum pil KB? Simak penjelasannya di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang rekomendasi pil KB yang bagus untuk kulit dan enggak bikin gemuk.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PIL KB BIKIN GEMUK?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!