sign up SIGN UP search


kehamilan

Tetap Aktif Bunda! 5 Jenis Olahraga untuk Usia Kehamilan Trimester Ketiga

Kinan Selasa, 14 Jul 2020 13:09 WIB
Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions. caption
Jakarta -

Usia kehamilan trimester ketiga berarti sudah semakin dekat dengan waktunya persalinan. Bunda pun diharapkan bisa lebih aktif secara fisik, salah satunya dengan olahraga.

Kegiatan ini penting dilakukan dan banyak manfaatnya. Mulai dari menjaga kelenturan otot, menjaga kesehatan jantung serta kontrol berat badan supaya tetap terkendali.

Meskipun demikian, tak bisa semua jenis olahraga Bunda lakukan, ya. Pilih jenis-jenis olahraga yang tidak berisiko bagi kehamilan. Berikut rangkuman pilihannya:


1. Jalan kaki

Jalan kaki atau joging ringan menjadi salah satu jenis olahraga paling baik untuk Bunda di usia kehamilan trimester ketiga. Tak perlu lama, cukup sediakan waktu rutin maksimal 15 menit setiap harinya. Jangan lupa pilih pakaian dan sepatu yang nyaman, ya.

2. Prenatal yoga

Saat ini sudah banyak kegiatan yoga khusus untuk ibu hamil, yang disebut juga sebagai prenatal yoga. Olahraga ini baik untuk melatih otot, terutama yang berfungsi saat persalinan nanti, Bunda.

Dikutip dari Healthline, relaksasi saat yoga juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan melatih teknik napas. Pilih kelas yoga yang terpercaya dan selalu didampingi oleh instruktur berpengalaman.

Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions.Ilustrasi yoga saat usia kehamilan trimester ketiga. (Foto: iStock)

3. Berenang

Selain menyenangkan, berenang juga banyak memberikan manfaat bagi Bunda di usia kehamilan trimester ketiga, lho. Dilansir Parenting First Cry, berenang dapat membantu meredakan nyeri punggung, membuat otot lebih rileks dan meregangkan otot pangkal paha.

Utamakan faktor keamanan jika Bunda berniat untuk berenang saat hamil. Pilih kolam renang yang tidak terlalu ramai dan bersih.

4. Senam kegel

Menurut American Pregnancy Association, latihan senam kegel menjadi salah satu jenis latihan yang baik dilakukan di trimester ketiga. Ini terutama untuk melatih otot tubuh jelang persalinan. Pengencangan otot dasar panggul juga bermanfaat untuk meminimalkan risiko kebocoran kandung kemih dan wasir.

5. Menari

Dancing alias menari tak kalah bermanfaat untuk Bunda di usia kehamilan trimester ketiga, lho. Gerakan-gerakan yang dilakukan biasanya mirip seperti aerobik, namun lebih disesuaikan untuk ibu hamil. Pastikan Bunda didampingi instruktur khusus dan hindari gerakan berisiko, misalnya berputar dan melompat.

Sudah siap berolahraga di trimester ketiga ini, Bunda?

Simak juga cara melancarkan persalinan dengan teknik rebozo:

[Gambas:Video Haibunda]





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi