sign up SIGN UP search


kehamilan

Mendebarkan Bak Adegan Film, Ibu Melahirkan Dibimbing Dokter via Video Call

Yuni Ayu Amida Jumat, 31 Jul 2020 15:12 WIB
Asian woman is pregnant, she is in pain, cramps while walking up the stairs. caption
Jakarta -

Bunda pernah menonton film seorang dokter membantu ibu melahirkan lewat video call? Nah, seperti adegan dalam film, ibu asal India ini melahirkan dengan bantuan dokter melalui sambungan video call. Bagaimana kisahnya?

Peristiwa ini terjadi di Hanagal, sebuah kota kecil di distrik Haveri di Karnataka, India. Seorang wanita bernama Vasavi Fattepur tengah mengandung bayi keduanya. Namun tiba-tiba ia mengalami kontraksi persalinan sebelum tanggal yang dijadwalkan, ia kemudian memberitahu suaminya.

Para tetangganya pun berinisiatif untuk membantu. Mereka langsung datang ke rumah Fattepur. Persalinan tersebut rupanya berjalan cepat, bahkan sang bayi hampir lahir ketika para tetangga tiba di rumah Fattepur.


"Saya bergegas pulang dan kembali dengan sarung tangan, masker dan mengambil bayi itu terlebih dahulu," kata Madhulika Desai, salah satu tetangga yang membantu persalinan.

Saat itu, sang suami, Raghavendra memanggil ambulans. Hanya saja, ia mendapat kabar bahwa ambulans akan sampai cukup lama yakni 30-45 menit, karena ambulans tersebut harus menangani kasus COVID-19 terlebih dulu.

Karena khawatir, para tetangga pun berinisiatif untuk menelepon seorang dokter, Bunda. Tujuannya untuk menanyakan apa yang harus dilakukan pada situasi tersebut.

"Kami khawatir. Jadi kami memanggil dr.Priyanka Mantagi untuk meminta saran. Kami melakukan panggilan video di WhatsApp dan dia memberi tahu kami apa yang harus dilakukan," kata Desai.

"Kami membeli pisau baru, mengikuti semua tindakan pencegahan seperti yang disarankan olehnya, dan memotong tali pusar. Semua wanita di lingkungan itu membantu dan kami senang kami menyelamatkan bayi itu," sambungnya.

Mendebarkan! Bak Adegan Film, Ibu Melahirkan Dibimbing Dokter via Video CallMendebarkan! Bak Adegan Film, Ibu Melahirkan Dibimbing Dokter via Video Call/ Foto: istimewa

Dokter Mantagi sendiri berasal dari Hanagal, ia sedang menempuh program pascasarjana di bidang ginekologi dan kebidanan di Institut Ilmu Kedokteran Karnataka, Hubballi. Saat ditelepon, Mantagi tengah bertugas di rumah sakit.

"Dalam video call, saya bisa melihat seperti apa situasinya. Saya hanya meyakinkan mereka bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saya memberi tahu mereka cara memotong tali pusat setelah mengikat kedua ujungnya," Mantagi.

Setelah para tetangga menyelesaikan prosedur persalinan, mereka membersihkan bayi, menutupinya dengan pakaian hangat, serta meminta sang ibu untuk menyusui bayinya, barulah ambulans dan staf kesehatan tiba di tempat membawa ibu dan bayi ke rumah sakit.

"Kami senang ibu dan bayinya aman dan sehat." ucap Desai.

Simak juga intimate interview dengan Winda Idol dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi