sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Aman Mengatasi Sakit Lambung Selama Kehamilan, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Kamis, 06 Aug 2020 07:52 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Sakit lambung atau nyeri ulu hati sangat umum dialami ibu hamil. Biasanya, sakit lambung sering terjadi di trimester awal atau ketiga kehamilan. Kenapa ibu hamil bisa sakit lambung?

Secara teori ilmiah, pada awal kehamilan, tubuh memproduksi hormon progesteron dan relaxin dalam jumlah besar, yang cenderung melemaskan jaringan otot polos di seluruh tubuh. Termasuk yang ada di saluran gastrointestinal (GI) Bunda.

Akibatnya, makanan kadang-kadang bergerak lebih lambat melalui sistem, mengakibatkan masalah pencernaan dari semua jenis. Mulai dari perasaan kembung, gas hingga mulas. Masalah lambung ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi Bunda yang sedang hamil.


Akan tetapi, sebenarnya sakit lambung dari ibu hamil ini bermanfaat bagi bayi di dalam kandungan. Mengutip What to Expect, perlambatan pencernaan ini memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik ke dalam aliran darah dan selanjutnya melalui plasenta dan ke bayi.

Lalu, menurut dr. Hermawan Wibisono, Sp.OG dalam bukunya, sakit lambung ini berkaitan dengan penekanan lambung oleh janin dan pertumbuhan janin apabila ibu hamil telah mencapai usia kehamilan trimester tiga.

"Rasa nyeri ulu hati seperti gejala maag biasanya timbul sesudah makan, terutama pada trimester ketiga," tulisnya di buku Solusi Sehat Seputar Kehamilan, dikutip Selasa (4/8/2020).

Pregnant woman suffering with nausea in morningilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

Adakah cara aman untuk mengatasi keluhan sakit lambung pada ibu hamil? Hermawan mengatakan, Bunda dapat mengatasi keluhan sakit lambung dengan cara berikut:

1. Makan sedikit-sedikit

Hermawan menganjurkan ibu hamil yang sakit lambung untuk makan dalam jumlah sedikit tapi frekuensinya sering.

"Makanlah sedikit-sedikit, tapi sering. Setidaknya lima kali sehari, selain camilan," tulisnya.

2. Makan snack di sela makan besar

Ibu hamil yang sakit lambung dianjurkan makan snack di sela makan besar. Pilih snack yang sehat dan lembut. "Cobalah makan biskuit di antara waktu makan," kata Hermawan.

3. Hindari makanan berlemak, berbumbu tajam

Beberapa makanan bisa menimbulkan rasa nyeri pada lambung saat Bunda hamil. Hermawan pun menyebut makanan yang perlu dihindari ibu hamil saat sakit lambung adalah makanan yang digoreng, berlemak, terlalu berbumbu, dan kopi.

4. Hindari makanan mengandung gas

Sama seperti saat sedang tak hamil, saat Bunda sakit lambung, lebih baik hindari dahulu makanan yang mengandung gas.

"Seperti nangka, kol, dan ubi jalar," kata Hermawan.

5. Pilih yoghurt bukan whole milk

Ibu hamil yang sakit lambung disarankan memilih yoghurt dan butter milk, bukan whole milk. Butter milk merupakan susu yang tertinggal dari proses pembuatan mentega, sedangkan whole milk merupakan susu murni atau susu segar.

Nah, semoga tips di atas dapat mengatasi sakit lambung ibu hamil ya.

Simak juga penjelasan dokter mengapa kaki tangan ibu hamil mudah bengkak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!