sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Jenis Perawatan Kecantikan Ibu Hamil yang Aman dan Diperbolehkan

Asri Ediyati Rabu, 12 Aug 2020 16:10 WIB
Young woman at beauty salon caption
Jakarta -

Setiap ibu hamil berhak memanjakan dirinya dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Termasuk melakukan perawatan kecantikan dengan treatment dan skincare yang aman ya, Bunda.

Dilansir Parents, hamil itu bagaikan kerja keras. Menumbuhkan bayi di dalam perut bisa menyebabkan mual di pagi hari, mengalami bengkak pada tubuh, perubahan suasana hati, sakit punggung, dan sejumlah ketidaknyamanan lainnya.

Setelah melalui serangkaian perjuangan tersebut, ibu hamil berhak memanjakan diri sendiri. Saat mual dan pusing mereda, Bunda dipersilahkan untuk melakukan perawatan kulit wajah dan tubuh.


Namun, tunggu dulu Bunda, jangan sembarangan memilih atau melakukan perawatan tubuh. Ya, karena ada beberapa hal yang bisa membahayakan kandungan. Nah, seperti apa sih jenis perawatan wajah dan tubuh ibu hamil yang aman dan diperbolehkan?

Berikut lima jenis perawatan wajah dan tubuh yang aman menurut dr.Fredrico Patria, Sp.OG., dalam bukunya Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal:

1. Perawatan facial

Lakukan perawatan facial yang standar saja, jangan yang ekstrem seperti peeling, dermabrasi, atau yang menggunakan bahan-bahan kimia. Pasalnya ketika hamil, kondisi kulit ibu sangat sensitif sehingga hasilnya mungkin justru bisa mengiritasi kulit. Jika ingin facial, lebih baik yang menggunakan bahan alami.

2. Spa ibu hamil

Saat paling tepat untuk menikmati spa ibu hamil adalah pada masa trimester kedua, Bunda. Pada saat ini, rasa mual sudah mulai berkurang dan tubuh terasa lebih berenergi.

Sekarang paket spa kehamilan sudah banyak ditawarkan, Bunda. Jadi jangan khawatir soal tekanan pijat yang akan dilakukan. Para terapis pijat di spa sudah sangat terlatih. Namun, perlu diingat, jangan gunakan layanan sauna, body wrapping, whirlpool, dan body steam karena suhu panasnya dapat membahayakan janin.

beauty pregnant woman smile and think something at homeilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

3. Manikur dan pedikur

Membersihkan kuku tangan dan kaki dengan disertai pemijatan khusus tentu saja sangat menyenangkan dilakukan. Namun, hindari pemakaian cat kuku terlalu sering ya, Bunda. Mengingat kandungan bahan kimia yang terdapat pada cat kuku bisa membahayakan janin.

4. Perawatan rambut

Pada masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil tidak mewarnai rambut. Bahan kimia pada cat rambut bisa membahayakan janin. Lakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami seperti untuk creambath atau masker rambut. Gunakan pencuci rambut dan kondisioner yang biasanya Bunda gunakan. Tidak perlu menggantinya kecuali jika mendadak tidak tahan baunya.

5. Melembapkan kulit

Saat masa kehamilan, kulit cenderung terasa kering. Oleh karena itu, selalu gunakan body lotion dan moisturizer. Pilih yang mengandung SPF 20 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau Bunda bisa gunakan tabir surya jika ingin keluar rumah.

Selamat mencoba ya, Bunda.

Simak juga tips agar ibu hamil tak kering kulitnya sepanjang kehamilan:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!