sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Aman Babymoon di Era New Normal, Staycation Pilihan Menarik

Asri Ediyati Selasa, 11 Aug 2020 21:11 WIB
Future parents. Happy expecting couple hugging and smiling while standing near the window at home, free space caption
Jakarta -

Sebagian ibu hamil biasanya ingin melakukan babymoon dengan suami sebelum menyambut kelahiran anaknya. Sayangnya, bagi Bunda yang ingin babymoon ke luar negeri, rencana dari jauh-jauh hari ini batal karena pandemi Corona ya.

Akan tetapi, Bunda enggak perlu bersedih. Jika ingin tetap melakukan babymoon maka destinasi di dalam negeri bisa menjadi opsi.

Nah, kalau Bunda yang sedang hamil ingin melakukan babymoon di era new normal, berikut lima tips yang bisa diikuti:


1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Sebenarnya, saat tak ada pandemi Corona pun jika Bunda ingin melakukan babymoon disarankan untuk konsultasi dengan dokter kandungan. Ini untuk memeriksa apakah kandungan aman saat melakukan perjalanan. Kalau di saat new normal seperti ini, pastinya Bunda mendapat lebih banyak saran dari dokter kandungan.

Banyak dokter kandungan yang merekomendasikan babymoon di usia kehamilan 16-28 minggu. pada trimester dua ini, Bunda, usia kehamilan dianggap sebagai fase yang paling aman untuk melakukan perjalanan wisata.

2. Pilih transportasi darat

Memilih tetap babymoon mungkin alasan Bunda untuk lebih tenang dan tidak cemas dengan keadaan sekarang. Jika Bunda mantap melakukan babymoon, dokter kandungan Robyn Horsager-Boehrer, M.D. mengatakan lebih baik memilih transportasi darat.

"Saya merekomendasikan perjalanan darat daripada terbang ke suatu tempat karena Anda akan lebih sedikit terpapar kuman dan kerumunan," ujarnya dikutip dari laman resmi UTSouthwestern Medical Center.

3. Hindari tempat wisata yang ramai

Hindari tempat wisata yang terlalu ramai dengan pengunjung. Ya, karena kita tidak tahu apakah pengunjung di tempat itu benar-benar dalam kondisi sehat atau bahkan tanpa gejala.

Jika Bunda masih agak takut pergi ke tempat wisata di era new normal, lebih baik stay safe di hotel saja. Bunda bisa melakukan staycation dengan suami di dalam kota atau di kota yang dekat dengan tempat tinggal Bunda.

4. Siapkan perlengkapan kesehatan yang ekstra

Di era new normal, Bunda harus lebih siap dan memiliki perlengkapan kesehatan yang ekstra saat berpergian. Karena COVID-19, Bunda sebaiknya mengemas tisu antibakteri dan pembersih tangan untuk digunakan kapan pun. Jangan lupa juga untuk bawa masker, face shield cadangan.

Setiap kali Bunda bepergian selama kehamilan, bawalah kartu asuransi dan salinan catatan pranatal dengan informasi kontak penyedia jika terjadi hal yang tidak terduga.

5. Menginap di hotel yang memiliki protokol kesehatan

Dilansir Cleveland Clinics, pilih hotel lokasi babymoon yang memiliki protokol kesehatan. Gali informasi terlebih dahulu tentang hotel tempat Bunda menginap barulah booking secara online.

Ingat, bagaimanapun Bunda yang sedang hamil bepergian, berhentilah setiap dua jam entah untuk menggunakan kamar mandi atau regangkan kaki, dan tetap terhidrasi.

Semoga tipsnya membantu ya Bunda.

Simak juga tips agar kulit tidak kering saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!