sign up SIGN UP search


kehamilan

Berencana Babymoon, Catat 5 Panduan Penting yang Tak Boleh Dilupakan

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 29 Jun 2020 07:30 WIB
Kyiv, Ukraine - March 18, 2020: Pregnant woman and man with plaster on hand in protective medical mask walking down the street. Due to the coronavirus epidemic, the Ukrainian government has closed the subway. caption
Jakarta -

Dalam kondisi new normal seperti sekarang ini, banyak yang mulai merencanakan untuk liburan. Tak terkecuali para ibu hamil yang berencana untuk melakukan babymoon.

Tetap patuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Corona. Seperti membawa masker, face shield, sanitizer, dan lain sebagainya. Ingat juga ya, Bunda, untuk selalu menjaga jarak, jauhi kerumunan, dan seminimal mungkin melakukan kontak dengan orang lain di perjalanan.

Selain itu, ibu hamil sebaiknya menerapkan aturan ekstra ya. Terutama jika usia kandungan masih di trimester pertama, harus lebih hati-hati selama perjalanan babymoon.


Dr Sarah Reynolds, seorang konsultan kebidanan dan kandungan di Bedford Hospital NHS Trust mengatakan, perjalanan selama kehamilan merupakan masalah bagi banyak wanita, seperti dikutip dari Telegraph.

"Tetapi jika kehamilan Bunda tidak memiliki komplikasi maka tidak ada alasan mengapa Bunda tidak dapat bepergian dengan aman, selama Bunda mengambil tindakan pencegahan yang tepat," ujarnya.

Reynolds mengingatkan agar ibu hamil yang babymoon sebaiknya selalu berkonsultasi dengan bidan atau dokter sebelum keberangkatan. Terutama jika Bunda berencana bepergian dengan pesawat.

Kyiv, Ukraine - March 18, 2020: Pregnant woman and man with plaster on hand in protective medical mask walking down the street. Due to the coronavirus epidemic, the Ukrainian government has closed the subway.5 panduan penting babymoon/ Foto: iStock

Apalagi, tingkat kelelahan dan mual cenderung lebih kuat selama tahap awal kehamilan (12-15 minggu pertama), sehingga beberapa ibu hamil kerap menghindari penerbangan selama periode ini. Selain itu, risiko keguguran juga lebih tinggi selama tiga bulan pertama, terlepas dari apakah Bunda bepergian atau tidak.

Untuk mengurangi risiko berikut beberapa saran bagi Bunda yang sedang hamil dan ingin travelling dikutip dari WebMD:

1. Pertimbangkan membeli asuransi perjalanan. Bunda tentu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama kehamilan. Dengan membeli asuransi perjalanan, Bunda akan terlindungi jika harus membatalkan perjalanan dengan alasan apa pun.

2. Jadwalkan pemeriksaan sebelum liburan sehingga Bunda dapat lampu hijau dari dokter kandunganhttps://www.haibunda.com/tag/kehamilan.

3. Bepergian dengan salinan catatan prenatal dan salinan USG yang relevan.

4. Simpan vitamin prenatal dan obat lain yang dibutuhkan di dompet.

5. Simpan nomor dokter kandungan Bunda di ponsel dan pastikan teman perjalanan Bunda juga memiliki nomor teleponnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa diterakan jika ingin travelling saat hamil ya, Bunda. Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk cerita dokter yang sedang hamil tetap rawat pasien Corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi