sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tips Mengatasi Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Melebihi Batas Normal

Asri Ediyati Minggu, 23 Aug 2020 11:13 WIB
Pregnant woman holding her belly, looking through window caption
Jakarta -

Kenaikan berat badan saat hamil itu sangat wajar, Bunda. Namun, Bunda juga perlu rajin melihat timbangan. Ya, karena meskipun berat badan naik tetap ada batas normalnya.

Pernah dibahas sebelumnya, Bunda disarankan mengetahui lebih dahulu berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) sebelum hamil. Kenapa? Karena untuk memudahkan kita mengukur kenaikan berat badan yang normal saat melahirkan.

Berapa sih kenaikan berat badan yang normal? Dikutip dari buku Menu dan Resep untuk Ibu Hamil, jika BMI ibu sebelum hamil < 19,8 maka penambahan berat badan yang baik selama hamil adalah 12,5-18 kg.


Lalu, jika BMI ibu sebelum hamil 19,8-26,0 maka penambahan berat badan baik selama hamil adalah 11,5-16 kg. Kemudian, jika BMI ibu sebelum hamil > 26-29 maka penambahan berat badan baik selama hamil adalah 7-11,5 kg.

Sudah jelas kan Bunda sampai sini? Lantas, bagaimana jika kenaikan berat badan ibu hamil melebih batas normal?

Berikut tips dari dr. Hermawan Wibisono, Sp.OG dan Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi, S.KM dikutip dari bukunya Solusi Sehat Seputar Kehamilan:

1. Konsumsi menu dengan gizi yang seimbang

Bunda perlu memilah dan memilih lagi menu harian agar tidak terlalu banyak kalori dan menimbun lemak di dalam tubuh. Jika bingung, konsultasikan ke dokter tentang makanan apa saja yang dipantang dan yang baik dikonsumsi.

2. Pilih daging tanpa lemak dan ayam tanpa kulit

Menurut Hermawan dan Ayu, saat mengonsumsi daging ayam, sebaiknya dipilih yang tidak berkulit untuk mengurangi asupan lemak.

Begitu pula saat mengonsumsi daging, pilih daging yang tidak memiliki banyak gajih.

3. Perbanyak buah dan sayuran

Selain mengandung vitamin, buah dan sayuran mengandung serat yang tidak membuat ibu hamil mudah lapar dan proses pencernaan pun berlangsung dengan lancar sehat.

4. Hindari makanan berlemak dan terlalu manis

Hindari makanan berlemak seperti goreng-gorengan. Lebih baik pilih makanan yang dikukus atau direbus. Kemudian hindari juga makanan dan minuman yang terlalu manis.

Semoga tipsnya bisa membantu ya, Bunda.

Simak juga manfaat senam hamil melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi