sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Bunda Jadi Sembelit Usai Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 10 Sep 2020 15:31 WIB
Woman With Abdomen Problems in Bed, She Use Hands to Massage Painful Place. People with diarrhea problem concept. Woman with menstrual pain caption
Jakarta -

Pasca melahirkan, serangkaian tantangan baru harus Bunda hadapi dalam proses penyembuhan. Salah satunya mengalami konstipasi atau sembelit.

Melansir dari Whattoexpect, sembelit adalah hal yang normal terjadi setelah Bunda melahirkan. Ada banyak faktor fisiologis yang dapat mengganggu fungsi usus Bunda setelah melahirkan.

Salah satunya, otot perut yang membantu memperlancar BAB menjadi tegang dan melemah. Selain itu, usus mungkin mengalami masa sulit selama persalinan dan memerlukan sedikit waktu untuk kembali ke kondisi semula.


Mengutip Very Well Family, semuanya memang akan berubah setelah Bunda melahirkan, termasuk juga sistem pencernaan. Organ bergeser, hormon berfluktuasi, rahim menyusut kembali ke ukuran biasanya. Semua faktor ini dapat membuat urusan BAB benar-benar terganggu.

Biasanya, gangguan ini datang dalam bentuk sembelit, meskipun diare juga bisa muncul kembali setelah melahirkan. Dan gangguan ini biasanya bisa memakan waktu dua atau tiga hari, meskipun beberapa Bunda lainnya mungkin akan mengalaminya lebih cepat.

"Masalah BAB biasa terjadi pada wanita pasca persalinan. Banyak hal yang mempengaruhi pergerakan usus usai melahirkan, termasuk hormon, apa yang Bunda rasakan, dan seberapa banyak Bunda minum," jelas Christine Masterson, M.D, chief of the women and childrenís service line dari Summit Medical Group di New Jersey.

Masterson pun menyarankan agar para Bunda melakukan perawatan pencegahan sepulang dari rumah sakit. Jika sudah lebih dari empat hari sejak meninggalkan rumah sakit dan Bunda masih belum bisa BAB, memang sebaiknya segera menghubungi dokter ya, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga membantu.

Bunda, simak juga yuk penjelasan apakah kopi bisa sebabkan sembelit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi