sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Doa Kelahiran Anak Memohon Keberkahan hingga Jadi Anak Saleh

Haikal Luthfi Jumat, 11 Sep 2020 07:02 WIB
Sleeping baby clenches his parent's fingers; Soft focus and blurry caption
Jakarta -

Melahirkan merupakan momen spesial untuk ibu hamil sekaligus momen yang dinantikan bagi suami dan keluarga. Sebab, momen tersebut pada akhirnya bisa bertemu dengan sang buah hati yang selama 9 bulan berada di rahim.

Kelahirannya menjadi anugerah sekaligus amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, wajib bagi setiap orang tua untuk merawat dan membesarkannya, Bunda. Tak lupa untuk mengucapkan rasa syukur dan mengadzani bayi ketika dilahirkan.

Mengutip buku 'Doa 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak', ketika bayi lahir, hal pertama yang dilakukan orang tua adalah mengumandangkan adzan kepada anaknya. Hal ini diriwayatkan dari 'Ubaidillah bin Abi Rofi', (ayahnya Abu Rofi'), beliau berkata:


رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ

Artinya:

"Aku telah melihat Rasulullah mengumandangkan adzan di telinga Al Hasan bin 'Ali ketika Fathimah melahirkannya dengan adzan shalat." (HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)

Selain mengadzani mereka, ada baiknya juga disertai dengan memanjatkan doa agar kelak si kecil tumbuh menjadi anak yang baik, Bunda. Doa merupakan aspek terpenting dan merupakan sarana untuk menyampaikan keinginan, harapan kepada Allah SWT.

Feet of new born Baby in Hands of parentsIlustrasi bayi baru lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa yang dapat Bunda dan Ayah panjatkan ketika menyambut kelahiran anak, yakni:

1. Doa menghadapi kelahiran anak

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

"Laa ilaaha illalaahul'azhiimul haliimu, laa ilaaha illallaahu rabbul arsyil azhiimi, la ilaha illallaahurabbus samaawaati wal ardhi warabbul arsyil kariim."

Artinya:

"Tiada Tuhan yang patut disembah melainkan Allah, Dzat Yang Maha Agung Lagi Maha Panyantun, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah melainkan hanya Allah Tuhannya arasy yang agung, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah, melainkan Allah Tuhannya langit dan bumi dan Tuhannya arasy yang mulia" (HR. Bukhari).

2. Doa memohon keberkahan bayi

Saat bayi lahir, orang tua sebaiknya juga memanjatkan doa memohon keberkahan bagi buah hati, Bunda. Dari Abu Musa meriwayatkan:

وُلِدَ لِي غُلاَمٌ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَدَفَعَهُ إِلَيَّ

"Wulida lī ġulāam, faʾātaītu bihi al-nawbīaw ṣalawi al-lhu ʿalaīhi wasalawma, fasamawāhu ībrāhīma, faḥanawkahu bitamraẗ, wadaʿā lahu biālbarakaẗi, wadafaʿahu īlaīaw."

"Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi SAW. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa memohon perlindungan bayi

Doa agar senantiasa diberi pelindungan saat menanti kelahiran bayi. Satu hal yang istimewa, ketika istri Imran melahirkan Maryam, dia dilindungi dari gangguan setan yang menyesatkan. Demikian pula ketika Nabi Isa dilahirkan. Ini dijelaskan dalam Surat Al Imran ayat 36.

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

"Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi."

Artinya:

"Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk" (QS. Al-Imran: 36)

Selain itu, terdapat doa yang dapat dibacakan setelah bayi lahir dan setelah diadzankan, yang diriwayatkan dalam hadist Imam Muslim lho, yakni:

اُعِيْذُبِكَلِمَاتِ اللّٰهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

"U'iiduka bikalimaatillaahit tammaati min kulli syaitaanin wahaammatin wamin kulli'ainil laammatin"

Artinya:

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala setan, binatang (buas/melata/berbisa), dan semua pandangan yang jahat." (HR. Imam Muslim)

4. Memohon anak yang beriman

Doa lain yang Bunda dan Ayah panjatkan setelah kelahiran anak adalah memohon supaya bayi yang dilahirkan menjadi anak yang beriman dan saleh.

إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Iż qālatimra`atu 'imrāna rabbi innī nażartu laka mā fī baṭnī muḥarraran fa taqabbal minnī, innaka antas-samī'ul-'alīm"

Artinya:

"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (QS Ali Imran: 35)

Simak juga Bunda, doa Joanna Alexandra atas kehadiran anak pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi