sign up SIGN UP search


kehamilan

Doa 4 Bulanan yang Bisa Dibaca Bunda agar Diberikan Kemudahan Selama Hamil

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 25 Oct 2021 20:15 WIB
Ilustrasi hamil 4 bulan caption
Jakarta -

Periode perkembangan janin dimulai sejak awal kehamilan. Dalam Islam, periode lain yang tak kalah penting adalah saat ruh ditiupkan ke dalam janin saat usia kehamilan empat bulan.

Di Indonesia, periode pemberian ruh ke janin sering dijadikan acara syukuran empat bulanan, Bunda. Rangkaian acara berupa pembacaan doa untuk ibu hamil dan janin agar selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari hal buruk.

Menurut Adil bin Yusuf al-'Izazy' dalam buku Panduan Kehamilan: Perspektif Islam dan Kedokteran Modern, periode pemberian ruh terjadi setelah 120 hari sejak permulaan kehamilan. Periode ini adalah fase yang dimaksud di dalam surat Al-Mu'minun ayat 14, yang berbunyi:


"Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta yang paling baik."

Kehidupan janin sebelum ditiupnya ruh dan setelahnya berbeda ya, Bunda. Adil bin Yusuf al-'Izazy mengatakan bahwa kita harus bisa membedakannya.

"Sebab, kehidupan sebelum ruh ditiupkan bukan termasuk bagian dari kehidupan mandiri yang memiliki gerakan iradiah (kehendak bakal manusia). Adanya gerakan dalam kehidupan itu hanya bersifat thabi'y (natural atau alami)," katanya.

"Kehidupan semacam ini bukan hanya terjadi pada janin saja, tapi juga pada sperma dan sel telur," sambungnya.

Periode kehidupan janin dibagi menjadi dua, yakni:

1. Fase unsur utama dalam janin

Pada fase ini, bentuk benda apa pun yang terjadi dalam janin belum bisa disebut manusia. Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur." (QS. Al-Insaan: 2)

"Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah." (QS. Al-Alaq: 2)

Dari kedua ayat di atas, jelas disebutkan bahwa manusia adalah manusia yang utuh, bukan nuthfah (blastokist), alaqah (morula), atau mudhghah (embrio). Fase dalam periode ini hanya memuat unsur persiapan di dalam janin yang dalam perkembangan berikutnya akan diberikan ruh dan menjadi manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalan surat Al-Qimayah ayat 38-39:

"Kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya. Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang laki-laki dan perempuan." (QS- Al Qimayah: 38-39)

Berdasarkan hal di atas, fase unsur utama dibagi menjadi fase sebelum 40 hari yang disebut fase nuthfah atau blastokist dan fase setelah 40 hari di mana mulai terjadi pembentukan meliputi fase alaqah dan mudhghah.

2. Fase perkembangan lain

Fase ini berlangsung setelah 120 hari atau kehamilan berusia empat bulan. Hal ini seperti dijelaskan Al-Qur'an melalui firman Allah SWT yang berbunyi:

"Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain" dan "Lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya. Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang laki-laki dan perempuan."

Cheerful Pregnant Muslim Lady In Hijab Posing Embracing Belly Sitting On Couch At Home. Young Arab Mom's Portrait, Awaiting Baby. Pregnancy Happiness And Childbirth ConceptIlustrasi Ibu Hamil 4 bulanan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Doa empat bulanan

Selama masa kehamilan, Bunda harus perbanyak berdoa ya. Meski pun usia kehamilan belum memasuki empat bulan dan ruh belum ditiupkan, kita tetap perlu berdoa untuk diberikan kesehatan.

"Perbanyaklah membaca doa semasa hamil, terutama ketika usia kandungan mencapai 4 bulan, sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin. Biasakanlah memperbanyak membaca doa pada pagi dan sore hari, karena waktu-waktu tersebut mengandung manfaat dan berkah yang sangat besar," kata Hendri Kusuma Wahyudi dalam buku Doa pada Masa Kehamilan.

Dari sekian banyak doa untuk Bunda hamil, ada beberapa yang berpijak dari pengalaman maupun keyakinan yang bersumber dari Al-Qur'a dan hadist. Di antara bacaan-bacaan tersebut, Bunda bisa membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan memanjatkan puji-pujian atau tahmid, tasbih, dan takbir kepada Allah SWT, serta diikuti dengan membaca sholawat kepada Nabi.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 bacaan doa empat bulanan yang bisa dipanjatkan ketika hamil:

Doa pertama

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُما شِفَاءً لَقاؤُما شِفَاءً لَقاؤُماً اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اللهم طول عمره وصحح جسده وحسن خلقه وافصح لسانه واحسن صوته لقراءة الحديث والقرآن ببركة محمد صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين.

(Allahummahfazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa'an illa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqamaa. Allahumma showwirhu hasanatan watabbit qalbahuu iimaanambika wabirasuulika. Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlan watasliimaa. Allahummaj'alhu shohiihan kaamilaw wa'aaqilan hadziqon 'aliman 'aamilaa. Allahumma thowwil 'umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu 'alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil 'aalamiin).

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam."

Doa kedua

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ مَافى بَطْنِ .....مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَةُ طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافَى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِيًّا سَخِيًّا زَائِرًا لِلْحَرَمَيْنِ ِلاَدَاءِ النُّسُكَيْنِ بَرًّا لِلْوَالِدَيْنِ . اَللّٰهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَأَةِ الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِىِّ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. اَللّٰهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ الْوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمَّهُ وَوَالِدَهُ السَّلاَمَةَ وَالسَّعَادَةَ وَالْعَافِيَةَ وَالشَّهَادَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا "

(Allahummah fadz maa fii bathnii... (sebut nama Bunda yang sedang hamil) minal janiini waj'alhu dzurriyyatan thayyibatan, waj'alhu waladan shalihan shahiihan mu'aataa, 'aaqilan haadziqan 'aaliman 'aamilan sa'iidan marzuuqan lil khairaati, ghaniyyan sakhiyyan zaa-iran ilal haramaini, li adaa-in nusukaini barran lil waalidaini. Allahuma ahsin khalqahu wa hassin shautahu li qiraa-atil qur'aanil kariimi, wal hadiitsin nabawiyyi bijaahi nabiiyika Muhammadin shallalaahu 'alaihi wasallam. Allahuma waffiqhu li thaa'atika wa husni 'ibaadatika. Allahuma sahhil khuruujahu 'indal wilaadati war zuqhu wa ummahu wa waalidahus salaamata was sa'aadata wal 'aafiyata wasy-syahaadata wa husnil khaathimah. Rabbanaa hablanaan min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata aiyuunin waj'alnaa lil muttaqiina immamaa).

Artinya: "Ya Allah, hendaklah Engkau menjaga janin yang bersemayam dalam perut... (nama Bunda), hendaklah Engkau menjadikan janin ini sebagai keturunan yang baik, dan menjadikannya sebagai anak yang saleh, yang sehat, yang selamat sentosa, yang berakal sehat, yang cerdas, yang pandai, yang mengamalkan ilmunya, yang beruntung, yang dianugerahi rizki lapang, yang terbimbing pada perilaku-perilaku baik, yang kaya, yang dermawan, yang berkunjung ke dua negeri Haram (Mekah dan Madinah) untuk menunaikan bentuk ibadah (haji dan umrah) dan yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Ya Allah, baguskanlah dia dalam bentuk rupa dan akhlak, dan baguskanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran Alkarim dan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, hendaklah Engkau membimbing anak ini untuk mematuhi-Mu dan mengabdi kepada-Mu dengan baik. Ya Allah, hendaklah Engkau mempermudah kelahiran janin ini dan hendaklah Engkau berikan rezeki padanya, dan kepada ibu-bapaknya keselamatan, keberuntungan, kesejahteraan, ke-syahid-an dan berakhir dengan baik (husnul khatimah). Wahai Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami istri dan anak keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai imam kaum bertakwa."

Doa ketiga

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

(Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi).

Artinya: "Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk". (QS. Al-Imran: 36)

Simak juga 7 penyebab Bunda hamil alami mood swing, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!