sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Aman Meredakan Gatal pada Bekas Operasi Caesar Tanpa Harus Menggaruk

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 23 Sep 2020 16:07 WIB
Closeup of woman showing on her belly dark scar from a cesarean section. caption
Jakarta -

Rasa gatal seringkali muncul pada bekas luka operasi caesar. Tak jarang, rasa ingin menggaruk pun sulit dibendung untuk meredakan gatal yang tak karuan rasanya. Bunda juga pernah merasakannya?

Menurut Shery Ross, MD, seorang obgyn di Santa Monica, California, rasa gatal dan iritasi pada bekas luka operasi caesar memang sangat umum dan normal terjadi.

"Hal ini dikarenakan beberapa saraf superfisial di kulit dipotong selama persalinan, dan proses pemulihan dapat membuat area tersebut sangat sensitif dan menyebabkan sedikit gatal. Tetapi, tidak semua orang mengalaminya," ujar Dr Ross, dikutip dari Womenshealthmag.


Melansir dari Newtimes, sayatan operasi caesar biasanya membutuhkan waktu delapan minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kemungkinan, ada risiko terinfeksi selama masa penyembuhan atau setelahnya.

Hal ini bisa disebabkan adanya kontaminasi di tempat tersebut dan dimanifestasikan dengan rasa gatal, bengkak yang nyeri saat disentuh, demam, mual, muntah, dan sebagainya. Tetapi, setelah pengobatan, sebagian gejala hilang.

Hingga saat penyembuhan, Bunda mungkin akan mengalami rasa sakit dan gatal di atas bekas luka operasi caesar. Namun, mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama.

Terkadang, setelah penyembuhan pun kulit tidak menjadi normal, tapi justru menebal dan membentuk keloid. Keloid inilah yang kebanyakan kering dan gatal. Ini mungkin terinfeksi karena tangan yang terkontaminasi, atau karena iritasi yang disebabkan sabun atau bahkan bahan kimia yang ada di beberapa produk tubuh yang digunakan.

Rasa bengkak tersebut pun begitu menyakitkan dan meningkatkan rasa gatal. Sebagai perawatannya, Bunda dapat menggunakan obat anti-inflamasi yang sesuai petunjuk dokter atau mengoleskan losion pelembab untuk meredakan rasa gatal tersebut. Jika rasa gatal tak kunjung hilang, ada baiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Semoga tips meredakan rasa gatal pada luka caesar di atas membantu ya, Bunda.

Simak juga cerita dr.Reisa Broto Asmoro pengalamannya usai melahirkan dengan operasi caesar:

[Gambas:Video Haibunda]



Tag: melahirkan, luka caesar gatal, trimester 4

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!