sign up SIGN UP search


kehamilan

Olahraga Usai Melahirkan Caesar, Kapan dan Apa Saja yang Boleh Dilakukan?

Asri Ediyati Minggu, 15 Nov 2020 12:22 WIB
Beautiful young woman training in the gym. Exercise is a part of her daily routine. Before you start with your workout it is important to warm up your body properly, so you don’t get injured, do a lot of stretching. Exercise is important for your health and mind. Young brunette girl is working hard in the gym. Her workouts are hard. Skinny young women training to be the best. She is dressed in sports clothing, se is wearing pastel pink color leggings and top. Her sports shoes are black color. She has her hair tied up in a ponytail. Trx is a popular gym equipment, lots of different exercises can be made with it. caption
Jakarta -

Olahraga setelah melahirkan adalah hal yang dianjurkan, baik melahirkan secara normal atau caesar. Kali ini HaiBunda akan membahas olahraga usai melahirkan caesar.

Ya, seperti yang Bunda tahu, melahirkan caesar tidak seperti melahirkan normal. Seorang ibu butuh perawatan khusus setelahnya. Mungkin kita bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk memulai olahraga?

Nazneen Vasi, fisioterapis berbasis di New York City, AS mengatakan bahwa minimal waktu Bunda harus menunggu untuk olahraga setelah melahirkan caesar adalah enam minggu.


"C-section adalah operasi perut, jadi enam minggu adalah waktu minimum Anda harus menunggu," kata Nazneen Vasi, dikutip dari The Bump.

Tetapi, perlu Bunda catat, hanya karena telah mencapai batas enam minggu tidak berarti Bunda siap untuk melanjutkan olahraga setelah operasi caesar.

"Sangat penting untuk pergi ke dokter kandungan dan mendapatkan persetujuan sebelum memulai terapi fisik atau olahraga," ujar Vasi.

Pemilik Klinik Body Harmony Physical Therapy ini menjelaskan bahwa Bunda perlu persetujuan dokter kandungan untuk mencegah adanya komplikasi serta untuk mengetahui apakah penyembuhan luka sayatan berjalan baik atau tidak.

"Karena bisa ada komplikasi, termasuk penyembuhan yang lambat di lokasi sayatan atau infeksi," tutur Vasi.

Apa saja olahraga yang boleh dilakukan setelah enam minggu pasca melahirkan caesar? Fisioterapis senior Hanna Dabbour menjelaskan, Bunda bisa melakukan olahraga jalan cepat, berenang, atau bersepeda setelah mendapat persetujuan dokter kandungan.

"Ini akan membantu menurunkan berat badan bayi. Anda mungkin hanya bisa melakukan 10 menit latihan untuk memulai, tetapi Anda secara bertahap akan menjadi lebih kuat," kata Dabbour, dikutip dari Baby Centre.

Lebih lanjut, Dabbour mengatakan, jangan buru-buru melakukan olahraga berdampak tinggi seperti lari, kelas aerobik dan sejenisnya. Hal ini karena efek hormon kehamilan dapat memengaruhi persendian hingga enam bulan setelah lahir. Jadi, lebih baik menunggu dahulu.

"Kehamilan berlangsung selama sembilan bulan, jadi biarkan diri Anda setidaknya dalam jangka waktu yang sama untuk kembali normal," ucap Dabbour yang berpraktik di King's College Hospital di London, Inggris.

Nah, setelah empat hingga enam bulan, Bunda seharusnya sudah bisa memulai latihan yang memperkuat otot inti perut. Ini bisa termasuk latihan seperti plank, berbaring tengkurap dan mengangkat lengan dan kaki dalam pose 'superman', atau berlutut dengan posisi merangkak dan menarik otot perut melawan gravitasi.

"Mulailah secara perlahan dan bertahap. Selalu dengarkan tubuh Anda. Bekas luka dan otot perut Anda bereaksi paling baik terhadap olahraga teratur yang konsisten, bukan berolahraga hingga kelelahan," kata Dabbour.

Simak juga pengalaman dr.Reisa Broto Asmoro setelah operasi caesar:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi